Dewan Pers

Dark/Light Mode

Reuni Para Menko Perekonomian

Sri Mul: Ujian Pak Airlangga Bukan Kaleng-kaleng...

Sabtu, 20 Agustus 2022 17:30 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama pendahulunya: Sri Mulyani, Aburizal Bakrie, dan Burhanuddin Abdullah dalam acara Reuni Para Menko Perekonomian sekaligus perayaan HUT ke-77 RI di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Sabtu (20/8). (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama pendahulunya: Sri Mulyani, Aburizal Bakrie, dan Burhanuddin Abdullah dalam acara Reuni Para Menko Perekonomian sekaligus perayaan HUT ke-77 RI di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Sabtu (20/8). (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menko Perekonomian Burhanuddin Abdullah mengaku gembira, bisa kembali menjejakkan kakinya di kantor tempatnya bekerja 21 tahun silam. Pada masa pemerintahan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid.

"Saya tuh cuma jabat Menko Perekonomian tiga bulan saja. Tapi, justru tiga bulan itu yang penting. Sisanya, pengulangan saja," ujar Burhanuddin, saat menghadiri undangan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam menyambut HUT RI ke-77 dan HUT Kemenko Perekonomian ke-56 di Kantor Kemenko Perekonomian, di Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta, Sabtu (20/8).

Acara ini juga dihadiri Menko Perekonomian periode pertama Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie.

Bos Bakrie Group yang juga tokoh Partai Golkar ini mengapresiasi kegiatan perayaan HUT ke-77 RI, yang digagas Airlangga.

Berita Terkait : Pemerintah Harus Perhatikan Efek Domino Perekonomian Sebelum Naikin Harga BBM

“Saya mengucapkan selamat HUT ke-77 RI dan selamat ulang tahun ke-56 untuk Kemenko Perekonomian. Semoga makin jaya,” ucap Bakrie.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan dirinya cukup kaget karena diundang ke acara ini.

Dia bahkan mengaku lupa, pernah menjabat Menko Perekonomian.

“Saya lihat, di sini banyak wajah-wajah yang pernah jadi Menko. Ternyata, salah satunya adalah wajah saya,” tutur Sri Mul, sembari melirik spanduk bergambar para Menko Perekonomian yang ada di belakangnya.

Berita Terkait : Sandiaga Kenalkan Program Panen Juragan Lele Lalap

Dalam acara itu, Sri Mulyani memuji kinerja Airlangga dan jajarannya, yang telah bekerja keras selama pandemi Covid-19.

Menurutnya, Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar, tak pernah berhenti bekerja. Demi menjaga kondisi perekonomian negara.

“Saya bisa katakan, ujian yang dialami Pak Airlangga ini nggak kaleng-kaleng. Tapi, beliau dan jajarannya gak pernah berhenti bekerja. Rapat itu seperti sambung menyambung jadi satu,” paparnya.

Sri Mulyani menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tahun 2008, setelah pendahulunya, Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. 

Berita Terkait : PAN Jamin Kadernya Bukan Kaleng-kaleng

Boediono kemudian menjabat sebagai Wakil Presiden ke-11, mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2014. ■