Dark/Light Mode

Kendala Di Lima Proyek Sudah Ditangani

Bahlil: Tim Satgas Mampu Eksekusi Potensi Investasi

Kamis, 25 Agustus 2022 06:20 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara).
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Dari realisasi ini, pertumbuhan investasi di luar Pulau Jawa terus meningkat sejak pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa yang masif pada periode pertama Pemerintahan Presiden Jokowi,” ujar Bahlil.

Selain itu, lanjut Bahlil, pola birokrasi yang sudah berubah dengan hadirnya Undang-Undang Cipta Kerja dan pembentukan Satgas juga semakin memperce­pat realisasi komitmen investasi yang sudah masuk ke Indonesia.

“Dengan capaian saat ini, kami optimis target investasi Rp 1.200 triliun bisa terealisasi tahun ini,” tegas Bahlil.

Baca juga : Kader PPP Diminta Perkuat Soliditas Dan Tingkatkan Elektabilitas

Direktur Tindak Pidana Ter­tentu Badan Reserse Kriminal Polri Brigadir Jenderal Pipit Rismanto selaku perwakilan dari Wakil Kepala Polri me­nyampaikan, pentingnya peran korps baju cokelat memberikan jaminan keamanan investasi di Indonesia.

“Segenap jajaran Polri dari pusat hingga daerah diama­nahkan oleh Presiden untuk mengawal investasi. Karena investasi merupakan kunci per­tumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Selain hal tersebut, Pipit juga menegaskan perlunya kolaborasi dengan instansi terkait, keterli­batan langsung Polri, dan juga melaksanakan penegakan hukum yang mengedepankan prinsip perbaikan (restorative justice).

Baca juga : Demokrat Pati Bakal Tampung Calon Potensial

Pipit mengatakan, Polri harus berperan membantu dan me­mastikan keamanan pada tiga fase investasi. Yaitu, sejak pra-investasi atau masa promosi, masa konstruksi, hingga realisasi di tahap produksi.

“Kami juga siap membantu pemantauan, pengawasan dan pendampingan dalam mengawal iklim investasi,” ujar Pipit.

Kepala Sub Direktorat Keuangan dan Kerugian Negara Ke­jaksaan Agung Imanuel Rudy Pailang yang mewakili Wakil Jaksa Agung memaparkan, Kejak­saan Agung telah melaksanakan program pengawasan terhadap peraturan daerah yang meng­hambat perizinan investasi dan menyulitkan birokrasi. Sehingga berpotensi menghalangi investor.

Baca juga : Sanksi WADA Dicabut, Menpora Tegaskan Tugas Satgas Terus Jalan Untuk Investigasi

Dia juga menyampaikan pentingnya koordinasi antara pusat dan daerah. Terutama bekerja dalam Satgas Percepatan In­vestasi ini. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.