Dark/Light Mode

Peduli Lingkungan

Gandeng Yayasan Puri Kauhan Ubud, PKT Edukasi Masyarakat Lewat Seni Budaya

Selasa, 30 Agustus 2022 11:15 WIB
Peduli Lingkungan Gandeng Yayasan Puri Kauhan Ubud, PKT Edukasi Masyarakat Lewat Seni Budaya

 Sebelumnya 
Melalui kegiatan ini, diharapkan makin banyak generasi muda yang terlibat dalam aksi penyelamatan lingkungan, khususnya konservasi air secara terintegrasi dari hulu ke hilir.

"Hal ini pun sejalan dengan upaya Pemerintah dalam menyambut G20 tahun 2022, sebagai momentum Indonesia untuk mengajak negara-negara dunia meningkatkan aksi ekologi dalam mengatasi climate change," ujarnya.

Baca juga : Peduli Lingkungan, PT PAL Sinergi Bareng Masyarakat Bersih-bersih Sungai Rawa Kasat

Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud Ari Dwipayana mengungkapkan, pentas seni ini juga diharapkan dapat membangun gerakan kesadaran untuk menjaga, melaksanakan konservasi dan memuliakan air sebagai pintu masuk untuk melihat dan mewaspadai ancaman climate change.

"Kami mengambil inisiatif melakukan edukasi, literasi dan advokasi melalui gerakan kesadaran untuk menjaga dan memulikan air dengan tajuk Toya Uriping Bhuwana, Usadhaning Sangaskara," ujarnya. 

Baca juga : DPRD Klungkung Dukung Rencana Hibah Lahan Untuk Pusat Kebudayaan Bali

Menurutnya, konservasi air harus terintegrasi dari hulu sampai hilir, sebagaimana muncul dalam konsep Segara-Wukir atau Segara-Gunung.

Pria yang juga Koordinator Staf Khusus Presiden RI ini menambahkan, Nyapuh Tirah Campuhan merupakan rangkaian kegiatan pemuliaan air di sepanjang sungai Oos, termasuk di Campuhan sebagai titik temu dua sungai Oos.

Baca juga : Dukungan Menguat, Relawan Puan Maharani Bermunculan Di Jawa Barat

Selama rangkaian kegiatan, pihaknya telah melakukan penanaman pohon di desa-desa sepanjang DAS Oos, inventarisasi dan seminar pelestarian dan pengembangan cagar budaya, mareresik petirtan dan sumber-sumber mata air.

"Kami memberikan pelatihan desa wisata dan pengelolaan sampah, upacara bendera di Campuhan dan parade seni, pameran seni rupa, lomba lukis anak-anak dan artalk, serta pelatihan pemanfaatan tanaman obat," ujar Ari. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.