Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siapkan Dana Rp 5 Triliun

Pemerintah Akan Kebut Bagikan Kompor Listrik

Selasa, 6 September 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan program bagi-bagi kompor listrik gratis akan terus dilakukan. Tahun depan, Pemerintah akan mengalokasikan dana Rp 5 triliun untuk memuluskan agenda tersebut.

Erick Thohir mengatakan, untuk tahun ini, program bagi-bagi kompor listrik sedang dilakukan PT PLN (Persero) dengan anggaran sebesar Rp 300 miliar.

PLN menargetkan masyarakat pengguna kompor induksi bertambah menjadi 300 ribu pada tahun ini.

Baca juga : HNW Minta Pemerintah Revisi Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

“Rencananya tahun depan, Pemerintah akan menambah lagi Rp 5 triliun untuk membagikan kompor listrik gratis selama 5 tahun,” jelas Erick saat melakukan kunjungan ke Amsterdam, Belanda, Sabtu (3/9).

Mantan bos Inter Milan ini menegaskan, kompor induksi menjadi salah satu cara Pemerintah untuk mendukung transisi energi, dan mengalihkan subsidi LPG (Liquefied Petroleum Gas) ke depan. Sebab, Pemerintah selama ini harus mengucurkan Rp 70 triliun setiap tahunnya untuk mensubsidi LPG.

Meski begitu, sambung Erick, Pemerintah memikirkan solusi jangan sampai masyarakat menengah ke bawah yang menggunakan kompor listrik dianggap sebagai kelompok mampu.

Baca juga : Komisi I Kebut Sahkan UU PDP

“Jangan sampai rumah-rumah di bawah 900 VA (Volt Ampere) dianggap orang mampu karena pakai kompor listrik,” sebutnya.

Tak hanya itu, dipaparkan Erick, transisi ke kompor induksi membutuhkan ekosistem yang mumpuni. Namun, ia optimistis upaya-upaya yang dilakukan akan berhasil seiring waktu. Ia akan memastikan transisi ini tidak menyulitkan masyarakat.

Seperti diketahui, program Nyaman Kompor Induksi merupakan bentuk dukungan PLN atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk menjaga ketahanan energi nasional. Salah satunya melalui konversi penggunaan kompor LPG ke kompor induksi. Dengan beralih ke kompor induksi, diharapkan bisa menekan impor LPG dan mendorong kemandirian energi.

Baca juga : Pelaku Usaha Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menargetkan penambahan jumlah pengguna kompor listrik hingga 15 juta pengguna dalam tiga tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.