Dark/Light Mode

PIQI Hasilkan Terobosan Pacu Kinerja Perusahaan

Top, Pupuk Indonesia Hemat Hingga Rp 1,2 T

Sabtu, 10 September 2022 07:30 WIB
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman. (Foto: dok. Pupuk Indonesia).
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Bakir Pasaman. (Foto: dok. Pupuk Indonesia).

 Sebelumnya 
Sebab, Pupuk Indonesia sedang berusaha untuk menyamakan persepsi bahwa inovasi harus fokus dan mendukung upaya peningkatan profitabilitas bisnis.

Tak hanya itu, di tengah situasi saat ini, di mana tengah terjadi penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), pihaknya memastikan hal tersebut tak mempengaruhi kinerja produksi perseroan.

“Kami sudah ada kontrak, yang tidak terpengaruh pada fluktuasi kenaikan harga BBM. Kami juga pastikan, harga pupuk tetap affordable dan terjangkau oleh petani,” ungkapnya.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji Winanteya Ruky mengungkapkan, ada salah satu produk inovasi milik anak usaha yaitu PT Pupuk Indonesia Logistik yang mampu menghemat penggunaan BBM. Yakni, anak usaha tersebut menggunakan kapal laut untuk mengangkut muatan dari pelabuhan ke pelabuhan.

Baca juga : Gelar PIQI 2022, Pupuk Indonesia Hemat Rp 1,2 T Dari Inovasi Produk

“Inovasi terkait penghematan BBM kapal dari Pupuk Indonesia Logistik, mampu mengurangi konsumsi BBM sampai 27 persen,” jelasnya.

Dengan hasil inovasi tersebut, kata dia, pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN lain.

“Kami terbuka, bila inovasi kami bisa dipakai dan dimanfaatkan di ekosistem BUMN, swasta maupun Pemerintah. Apalagi inovasi ini berkaitan dengan penghematan penggunaan BBM,” terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan PIQI 2022 ini diikuti 45 tim inovasi terbaik dari Pupuk Indonesia dan 10 perusahaan anggota Holding Pupuk Indonesia.

Baca juga : Tingkatkan Layanan, Pupuk Indonesia Luncurkan Program Single Responsibility

Nantinya, sebanyak 9 tim inovasi terbaik yang telah didapatkan dari kompetisi ini, dapat mewakili Pupuk Indonesia Group pada ajang konvensi inovasi yang lebih tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ia menambahkan, pihaknya membagi inovasi menjadi tiga kategori. Pertama, Pupuk Indonesia Agile, yaitu inovasi yang mendorong Transformasi Bisnis, Customer Centric dan EBITDA Uplift. Sehingga memiliki dampak yang bernilai tambah terhadap perusahaan, yang bersifat breakthrough. Dan, berpotensi untuk diproses menjadi Hak Paten atau HAKI.

Kedua, Pupuk Indonesia Care yaitu inovasi yang memberikan intangible value bagi customer dan stakeholder, bersifat qualitative. Di antaranya bidang budaya, pengelolaan lingkungan, K3, CSR, dan sebagainya.

Ketiga, Pupuk Indonesia Competent yaitu inovasi di tingkat operasional yang menghasilkan peningkatan kualitas, efektifitas, dan efisiensi pada proses bisnis.

Baca juga : Airlangga Bahas Kerja Sama Perdagangan, Investasi, IPEF Hingga KTT G20

Kegiatan konvensi inovasi PIQI 2022 ini melibatkan oleh enam juri berstandar nasional dan internasional.

Dalam acara ini, pihaknya juga melibatkan 11 observer yang berasal dari perwakilan entitas PIG sebagai bentuk pembinaan dan knowledge transfer. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.