Dark/Light Mode

Cegah Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Molor

Pemerintah Didorong Segera Cairkan PMN

Senin, 12 September 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Meski belum disetujui, dia mengajukan tambahan PMN untuk KAI sebesar Rp 1 triliun. Dalam pemaparannya, tambahan tersebut untuk pemenuhan modal porsi Indonesia untuk pembiayaan KCJB dan penguatan keuangan KAI.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pembangunan KCJB harus diteruskan. Ia tak ingin, proyek tersebut menjadi mangkrak dan tidak memberikan hasil yang positif kepada perekonomian Indonesia.

Baca juga : Energi Watch Dukung Pemerintah Kembangkan PLTB

“Kalau sudah jadi proyeknya, kita jadikan saja. Karena nggak mungkin jadi mangkrak, tidak menghasilkan hasil positif ke ekonomi,” ujarnya dalam rapat kerja dengan DPD, Kamis (25/8).

Sri Mulyani menceritakan saat mendapatkan audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), tentang terjadinya cost over run dalam proyek kereta cepat ini.

Baca juga : Pengamat Dukung Pemerintah Sesuaikan Harga BBM Bersubsidi

Untuk keseluruhan proyek sesudah dilakukan audit BPKP terjadi cost over run yang kemudian berimplikasi, bahwa kalau Indonesia punya porsi 60 persen sementara RRC 40 persen.

“Kenaikan cost over juga harus ditanggung 60 banding 40 persen. Tidak semuanya tapi sebagian dalam bentuk modal baru ditambah adanya pinjaman. Nah ini yang kita rundingkan,” ujarnya.

Baca juga : Gapasdap Harap Tarif Penyeberangan Segera Dievaluasi

Proyek KCJB dikerjakan oleh joint venture antara empat BUMN Indonesia dengan China Railway International Co. Ltd. Proyek jalur kereta sejauh 142,3 kilometer ini membutuhkan biaya 5,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 82 triliun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.