Dark/Light Mode

Berantas Politik Identitas Saat Kampanye Pemilu 2024

Partai Garuda: Pemerintah Harus Tegas

Sabtu, 20 Agustus 2022 13:21 WIB
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)
Waketum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mendukung pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin agar tak menggunakan politik identitas saat kampanye Pemilu 2024. Menurut Teddy, pernyataan Ma'ruf Amin itu wajib dilaksanakan.

"Kenapa? kalau bicara di dalam area Pemilu, dalam UU Pemilu larangan itu sudah ada, tinggal penerapan yang tegas dari aturan tersebut," ungkapnya, dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/8).

Baca juga : Apa Yang Dimaksud Siyasah Syar’iyyah?

Teddy mengingatkan bahwa politik identitas wajib dicegah sebelum masa pemilu. Menurutnya, ada pihak-pihak yang disebutnya sebagai pedagang politik, yang terus memainkan politik identitas.

Politik identitas ini, dipersiapkan untuk ditawarkan kepada para oknum di Pemilu maupun Pilkada dalam menjaring suara.

Baca juga : Stop Politik Identitas Jelang Pemilu 2024

"Jadi hal ini yang harus dieksekusi terlebih dahulu. Apakah sulit? Tidak. Karena aturan melarang setiap orang memainkan politik identitas pun sudah ada, tinggal penerapannya," bebernya.

Namun, diingatkan Juru Bicara Partai Garuda itu, yang menjadi masalah saat ini adalah ketika aturan tersebut mau diterapkan, para pedagang politik membenturkan dengan masyarakat.

Baca juga : Partai Garuda: Negara Harus Tegas Jadikan Indonesia Yang Berbeda

Dia pun meminta pemerintah untuk tegas. Jangan sampai kalah dengan para pedagang politik yang berlindung di balik masyarakat.

"Karena tanpa ada ketegasan terhadap mereka, kita jangan pernah bermimpi akan berpemilu dan berpilkada secara sehat dan demokratis," tutur Teddy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.