Dewan Pers

Dark/Light Mode

Eksklusif Dengan Direktur Utama PT Krakatau Steel

Obati Perusahaan Sekarat Jadi Sehat 

Jumat, 23 September 2022 07:01 WIB
Direktur Utama PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim (kanan) melakukan wawancara podcast dengan Dirut Rakyat Merdeka Kiki Iswara di Jakarta, Selasa (13/9). (FOTO: KHAIRIZAL ANWAR / RM)
Direktur Utama PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk Silmy Karim (kanan) melakukan wawancara podcast dengan Dirut Rakyat Merdeka Kiki Iswara di Jakarta, Selasa (13/9). (FOTO: KHAIRIZAL ANWAR / RM)

 Sebelumnya 
Bertahan Di Saat Pandemi

Ketika pandemi Covid-19 melanda, tantangannya luar biasa. Marketmenurun, operasional logistik terganggu karena penetapan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Krakatau Steel berusaha keras menjaga industri ini agar jangan sampai mati. 

“Kalau mati, lalu digantikan baja impor. Industri baja kita nanti tinggal kenangan,” kata Silmy.

Makanya, Krakatau Steel bersyukur bisa masuk dalam program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Dana PEN ditujukan untuk menjaga pelaku industri hilir dan pengguna agar mendapatkan keleluasaan, sehingga tidak membayar tagihan keras.  Ada proses di mana mereka di-support agar pabriknya tetap jalan.

Berita Terkait : ASN Makin Mudah Punya Rumah

“Kami turun ikut membangun percaya diri mereka, agar jangan matikan pabrik. Kami yakinkan, saat PPKM dicabut, akan ada lonjakan permintaan,” paparnya.

Kemudian, dari sisi tata niaga, dijaga supaya tidak terjadi syok. Dicek, apakah harganya terlalu tinggi atau rendah. Diberikan informasi dari lembaga kredibel, tentang pasar baja, agar tenang dalam berbisnis. 

“Kami yakin, industri baja akan tetap tumbuh. Karena hampir semua industri ada unsur bajanya,” tegas Silmy.

Bagaimana resep agar SDM tetap bersemangat? Kata Silmy, setiap karyawan memiliki mimpi dan harapan. Yang muda,  wanita, diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Sesuai program Menteri BUMN yang concern pada pentingnya peran anak muda dan capaian gender di kantor-kantor BUMN.

Berita Terkait : Sahabat Sandi Beri Pelatihan Wirausaha Hingga Gerobak Gratis 

“Contohnya, kita beri kesempatan untuk pegawai usia di bawah 35 menjadi dirut di anak perusahaan. Atau BOD-1, seperti posisi Vice President,” katanya. 

Program lainnya untuk menyemangati karyawan adalah pemberian bonus dan insentif. Misalnya, untuk yang bisa menghemat biaya sampai Rp 10 miliar per tahun, direkturnya diberikan bonus khusus. “Ini memacu mereka kerja lebih efisien,” ujarnya. 

Dia bilang, karier berkembang sesuai prestasi dan kemampuan. Tidak urut kacang. “Yang bagus, diberikan kesempatan, dibina dan didorong. Bahkan diberikan tambahan keterampilan formal dan informal,” tuturnya.

 Krakatau Steel juga memiliki kepedulian terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) masyarakat. Sejumlah industri kecil yang ada kaitannya dengan baja, dibantu pembinaan dan pemodalannya. Seperti membuat cangkul, golok dan produk lainnya yang langsung ke konsumen. Juga ada latihan wirausaha di lingkungan pabrik.

Berita Terkait : PUPR Dorong Infrastruktur Perkotaan Berkelanjutan Atasi Perubahan Iklim

 Usaha kecil yang ada di sepanjang Jalan Anyer, Cilegon, Banten, area dekat pabrik Krakatau Steel, dirapikan, sehingga tidak kumuh. Lalu diberikan lokasi yang tertata agar mereka bisa berjualan dengan tenang dan tidak mengganggu jalur logistik di sepanjang Jalan Anyer.