Dark/Light Mode

Ekonomi Dunia Terus Memburuk

Airlangga Pasang Kuda-kuda

Senin, 17 Oktober 2022 06:30 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Dok. Kementerian Perekonomian).
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Dok. Kementerian Perekonomian).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memasang kuda-kuda sebagai upaya antisipasi terus memburuknya perekonomian dunia. Salah satunya, meningkatkan pengawasan untuk memastikan semua program Pemerintah berjalan mulus.

Pemerintah tengah melaku­kan monitoring dan evaluasi capaian kinerja atas berbagai program prioritas.

“Dengan evaluasi kinerja me­nyeluruh, berbagai pembenahan secara komprehensif dapat dilakukan untuk mendapatkan solusi terbaik dari berbagai tan­tangan yang ada,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Duet Ganjar-Airlangga Bakal Bentuk Pemerintahan Yang Kuat

Airlangga menegaskan, kiner­ja impresif perekonomian Indo­nesia akan terus dipertahankan sepanjang tahun ini. Apalagi, didukung oleh faktor eksternal yang masih cukup aman. Seh­ingga Indonesia tidak termasuk ke dalam negara yang rentan terhadap masalah keuangan.

Indonesia saat ini masih men­jadi negara dengan pertumbuhan tertinggi kedua di antara negara-negara G20, setelah Saudi Arabia.

“Memiliki domestic mar­ket yang cukup kuat, perekono­mian Indonesia relatif aman dari sisi internal. Dan diprediksi di ta­hun depan pertumbuhan ekonomi berada diantara 4,8 persen–5,2 persen,” lanjut Airlangga.

Baca juga : KIB Bisa Makin Tambun

Kemenko Perekonomian, terang Airlangga, telah menye­lenggarakan kegiatan Leaders’ Offsite Meeting (LOM) Triwulan III-2022 di Semarang, Jawa Tengah pada 13 -14 Oktober 2022.

Kegiatan yang dipimpin lang­sung oleh Airlangga tersebut diselenggarakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan kebijakan atau program yang telah diambil Kemenko Perekonomian.

Penyelenggaraan LOMdiikuti oleh seluruh Pejabat Eselon I, Staf Khusus, Tim Asistensi, Tim Ahli, dan Pejabat Eselon IIKemenko Perekonomian.

Baca juga : Iga Swiatek Bukukan Kemenangan Ke-60

“Dalam kesempatan tersebut, setiap unit kerja diminta untuk memaparkan seluruh capaian program, isu strategis, dan ren­cana kerja,” kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Golkar ini juga memberikan masukan dan arahan secara langsung. Dan, menginstruksikan agar setiap unit kerja dapat mengembangkan kinerja dengan sinergi yang lebih baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

Beragam isu strategis menjadi topik pembahasan yang dibawa ke dalam rapat ini. Antara lain, update tentang pertemuan Sherpa G20, persiapan G20 Concrete Deliverables, persiapan Leaders’ Declaration, persiapan menuju ASEAN Summit, Proyek Strate­gis Nasional, pengendalian inflasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR), vak­sinasi, stabilisasi harga pangan, neraca komoditas, serta Program Kartu Prakerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.