Dark/Light Mode

Saldo Pemda Ngendap Di Bank Capai Rp 100 Triliun

Sri Mul: Belanja Anggaran Memang Nggak Gampang

Kamis, 8 Desember 2022 06:35 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Dok. Kementerian Keuangan).
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Dok. Kementerian Keuangan).

 Sebelumnya 
Menurutnya, salah satu jenis belanja yang memiliki banyak tantangan adalah belanja modal. Ini berbeda dengan belanja lainnya, seperti belanja sosial yang biasanya sangat cepat direalisasikan usai melakukan pendataan masyarakat.

Belanja pegawai seperti pem­berian gaji, tunjangan kinerja, dan lainnya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) juga cenderung cepat. Begitu pula dengan belanja barang yang relatif mudah.

Baca juga : Pinjol Sukses Gaet 90,21 Juta Nasabah

Adapun belanja modal mem­butuhkan perencanaan sebelum realisasinya. Khususnya perencanaan terkait satuan kerja, penentuan pihak pengeksekusi, kontrak, pengadaan, hingga melihat secara detail ke lapangan.

“Belanja modal ini butuh tu­run ke lapangan, karena Bapak Presiden sering menyampaikan kepada para menteri bahwa kerja harus detail turun ke lapangan. Para pimpinan daerah pun harus begitu,” tegas Sri Mulyani.

Baca juga : Perbankan Syariah Jadi Ceruk Pasar Yang Legit

Menurutnya, mendapatkan penerimaan negara itu tantangan, collect pajak secara adil. Namun, tantangan berikutnya bagaimana membelanjakannya secara benar itu juga nggak gampang.

Hingga 31 Oktober 2022, anggaran Pemda yang tersim­pan di bank mencapai Rp 278,7 triliun. Artinya, berdasarkan perkiraan Sri Mulyani, akan terdapat belanja Pemda sekitar Rp 170 triliun hanya dalam sisa 2 bulan.

Baca juga : Semoga Tiket Masuk TMII Nggak Meroket

Saldo Pemda yang masih mengendap di bank sempat tu­run pada Juli 2022 ke Rp 193,4 triliun. Namun, jumlahnya naik pada Agustus 2022 menjadi Rp 203,4 triliun, September jadi Rp 223 triliun dan malah semakin tinggi pada Oktober 2022. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.