Dark/Light Mode

Kereta Wisata Mak Itam Dihidupkan Lagi KAI Cs

Sabtu, 24 Desember 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyaksikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (kedua kanan) menyiram air pada Lokomotif uap E1060
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) menyaksikan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta (kedua kanan) menyiram air pada Lokomotif uap E1060 "Mak Itam" saat peresmian pengoperasian kereta api Mak Itam dan jalur kereta api Sawahlunto-Muaro Kalaban di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Selasa (20/12/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi/aww).

 Sebelumnya 
Menurutnya, terealisasinya proyek ini juga berkat dukungan yang diberikan BUMN lain. Ini realisasi penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) empat BUMN. Yakni KAI, Pupuk Indonesia, Biofarma dan SIG, di Jakarta, pada 23 Juni 2022.

Karenanya, melalui kerja sama ini, ketiga BUMN tersebut pun mendapatkan hak untuk penamaan pada stasiun. “Nama resmi pada Stasiun Sawahlunto menjadi Stasiun Sawahlunto Biofarma, Stasiun Muaro Kalaban menjadi Stasiun Muaro Kalaban Pupuk Indonesia dan KA Wisatanya memiliki nama KA Wisata Mak Itam SIG,” jelas Didiek.

Rencananya, kata dia, KA Wisata Mak Itam SIG akan dioperasikan secara reguler dan dapat dinikmati masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Sawahlunto.

Baca juga : Kerja Nyata, Sekjen LHK Didapuk Sebagai Birokrat Terbaik 2022

“Kami beserta stakeholder yang terlibat akan terus berkoordinasi, untuk memberikan pelayanan terbaik pada layanan kereta api di jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban,” ungkap Didiek.

Sementara, Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, berharap, masyarakat yang berada di jalur tersebut bisa merasakan kehadiran BUMN.

“Semoga, dapat membantu memajukan perekonomian masyarakat terutama di masa pandemi yang masih berlangsung,” harap Honesti.

Baca juga : Keren, Puisi Esai Denny JA Dijadikan Film Layar Lebar

Direktur SDM, Tata Kelola dan Manajemen Risiko Pupuk Indonesia Tina T Kemala Intan menyatakan mendukung penuh pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban.

Sebagai BUMN, sudah seharusnya Pupuk Indonesia memberikan nilai tambah kepada masyarakat, bukan hanya mencari laba semata. “Sumbar merupakan wilayah kerja Pupuk Indonesia dan salah satu sentra pertanian di Pulau Sumatra,” kata Tina.

Sementara itu, Direktur Utama SIG Donny Arsal mengaku bangga dapat berpartisipasi dalam program revitalisasi jalur ini sebagai upaya menghidupkan kembali sejarah perkeretaapian di Sumbar.

Baca juga : Mahfud Pasang Badan

”Kami harap, lewat revitalisasi jalur ini dapat mengoptimalkan potensi pariwisata sehingga memberikan dampak positif pada pendapatan masyarakat sekitar,” tuturnya.

Direktur Utama Injourney Dony Oskaria menambahkan, pihaknya akan terus mengupayakan pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia. Khususnya di daerah Sawahlunto. “Selain sebagai kota tambang, daerah Sawahlunto juga memiliki potensi pariwisata yang luar biasa di dalamnya,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.