Dark/Light Mode

Kemenhub Kantongi Rp 33,44 Triliun Untuk Sejumlah Proyek

BKS Gencar Kampanye Pake Kendaraan Listrik

Kamis, 29 Desember 2022 06:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

 Sebelumnya 
Saat ini, menurutnya, juga se­dang dilakukan finalisasi kerja sama dengan Bank Dunia untuk pembangunan proyek LRT di Bandung dan Medan. Proyek ini di­targetkan mulai pada akhir 2023.

Kerja sama lain antara Pe­merintah dengan Bank Dunia, juga dilakukan untuk pengadaan tambahan satu pelabuhan ferry dan Kapal Ro-Ro, khusus di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Maluku.

Baca juga : Kemenag Serahkan Bantuan Rp 34,7 Miliar ulUntuk Penyintas Gempa Cianjur

Kemenhub juga bakal fokus pemerataan pembangunan sektor transportasi. Ini sejalan dengan pesan Presiden Jokowi, agar melakukan pembangunan dengan sudut pandang Indonesiasentris.

Selain itu, pekerjaan perlu dilakukan dengan sangat ekstra karena menyangkut pelayanan masyarakat.

Baca juga : Harga Miring, Kendaraan Listrik Bakal Laris Manis

“Kami nggak boleh biasa-biasa saja,” tegasnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugian­to mengatakan, bukan hanya proyek infrastruktur transportasi yang akan dikerjakan di 2023, juga konsisten memberlakukan aturan. Salah satunya kebijakan truk zero Over Dimension Over Load (ODOL).

Baca juga : Ayo Gencarkan Terus Pake Kendaraan Listrik

“Kami akan tetap berlakukan zero ODOL dengan tahapan-tahapan yang akan dirumuskan. Bagaimana ini bisa terlaksana dengan baik, tanpa ada gejolak,” katanya.

Menurut Hendro, truk ODOL menyumbang 20 persen angka kecelakaan lalu lintas, atau kedua terbesar setelah sepeda motor sebesar 73 persen. Selain itu, faktor ekonomi sering men­jadi alasan masih adanya truk ODOL. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.