Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Konsultan Inggris Di Proyek LRT Dan KA Cepat

Menhub Fokus Transfer Teknologi & Keselamatan

Selasa, 17 Januari 2023 06:40 WIB
(Foto: Istimewa/BKIP).
(Foto: Istimewa/BKIP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng dua perusahaan konsultan asal Inggris, The Crossrail International dan PT Mott MacDonald Indonesia. Kerja sama itu untuk memastikan kesiapan operasional Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Kerja sama tertuang dalam komitmen kerja sama (Cooperation Of Commitment/COC) antara Kemenhub dengan PT Mott MacDonald Indonesia dan The Crossrail International, yang ditandatangani di Kantor Kemenhub, Jakarta, kemarin.

Hadir Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Chief Executive Officer The Crossrail International Paul Dyson, serta President Director PT Mott MacDonald Indonesia Hari Kusharwanto.

Baca juga : Happy, Dapat Social Media Awards Dari Kemlu

“Kedua proyek menuju tahap akhir konstruksi. Kerja sama ini diharapkan akan memastikan operasional kedua moda trans­portasi tersebut dapat dilakukan tahun ini dengan tingkat kesela­matan yang baik,” kata BKS-sapaan Budi Karya Sumadi.

Menurut BKS, Inggris salah satu negara yang memiliki pengalaman baik membangun infrastruktur perkeretaapian dengan berbagai teknologi dan inovasinya.

“Pengetahuan, keterampi­lan dan keahlian yang dimiliki mereka dapat kita manfaatkan untuk transfer knowledge dan alih teknologi di bidang perkere­taapian,” ujar BKS.

Baca juga : Komunitas Pendukung Ganjar Berbagi Tips Keselamatan Berkendara

Kedua proyek, baik LRT Ja­bodebek maupun Kereta Cepat Jakarta-Bandung sama-sama menggunakan teknologi tinggi.

LRT Jabodebek dikembang­kan dengan Communication-Based Train Control (CBTC) dan sistem Grade of Automa­tion (GoA) level 3, yang me­mungkinkan LRT Jabodebek dioperasikan tanpa masinis.

Sedangkan Kereta Cepat Ja­karta-Bandung menggunakan teknologi GSM-R yang meru­pakan pertama kalinya digu­nakan di Indonesia.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Setan Merah Menang Telak, Arsenal Imbang

Eks Dirut Angkasa Pura ll itu memastikan, kerja sama antara Indonesia dan Inggris di sektor transportasi selama ini sudah terjalin baik.

Salah satunya, yaitu pengem­bangan proyek MRT Jakarta melalui penandatanganan Letter of Intent (LoI) yang dilakukan pada 2022.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.