Dark/Light Mode

Gaet Konsultan Inggris Di Proyek LRT Dan KA Cepat

Menhub Fokus Transfer Teknologi & Keselamatan

Selasa, 17 Januari 2023 06:40 WIB
(Foto: Istimewa/BKIP).
(Foto: Istimewa/BKIP).

 Sebelumnya 
“Dengan adanya kerja sama konsultasi pra operasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, diharapkan akan semakin memperkuat hubungan kerja sama antara kedua negara,” harap BKS.

Sebelumnya, Crossrail In­ternational Ltd telah melaku­kan beberapa evaluasi terhadap proyek LRT Jabodebek.

Departemen Transportasi Pemerintah Inggris itu merang­kum temuan masalah pada empat bagian laporan tersebut. Salah satu persoalan yang diungkit oleh Crossrail adalah ketidak­siapan depo LRT Jabodebek di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga : Happy, Dapat Social Media Awards Dari Kemlu

Crossrail juga menyinggung soal kekeliruan pemahaman istilah operational readiness.

Pejabat Pembuat Komitmen Urban Transport LRT Jabodebek Kemenhub Ferdian Suryo Adhi mengaku sudah menindaklanjuti beberapa temuan dari Crossrail.

Pertama, telah membentuk tim test and commissioning serta tim manajerial untuk pengopera­sian sementara.

Baca juga : Komunitas Pendukung Ganjar Berbagi Tips Keselamatan Berkendara

Tim tersebut terdiri atas se­luruh stakeholder mulai Direk­torat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Adhi Karya, PT Industri Kereta Api (INKA), PT LEN serta para konsultan.

Tujuannya, untuk mening­katkan keselamatan dengan mengontrol pergerakan kereta selama proses pengetesan hingga nanti masa uji coba tanpa penumpang.

“Tim tersebut menjadi jawa­ban dari perbaikan tata kelola,” tutur Ferdian.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Setan Merah Menang Telak, Arsenal Imbang

Kedua, Satuan Kerja LRT membentuk jadwal pelaksanaan kegiatan yang terintegrasi dan bisa dipantau oleh seluruh stake­holder. Tujuannya, jika ada kendala pada satu kegiatan, anggota tim bisa bersama-sama mengantisipasi agar tidak ber­pengaruh terhadap molornya jadwal operasi kereta.

Ketiga, PT KAI mulai mengejar pelatihan serta proses sertifikasi sumber daya manu­sia, penyempurnaan Standar Operating Procedure (SOP), serta training bekerja sama dengan Prasarana Berhard Ma­laysia.

“Untuk memastikan bahwa sumber daya manusia operator yang akan menjalankan LRT Jabodebek betul-betul paham sistem yang diterapkan,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.