Dark/Light Mode

Wujudkan Harmonisasi Hubungan Industrial, PKT & Serikat Pekerja Tandatangani PKB

Kamis, 19 Januari 2023 19:02 WIB
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (tengah), Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi (kiri) seusai menunjukkan Perjanjian Kerja Bersama Pupuk Kaltim, di Jakarta, Kamis (19/1) Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (tengah), Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi (kiri) seusai menunjukkan Perjanjian Kerja Bersama Pupuk Kaltim, di Jakarta, Kamis (19/1) Foto: Dok. Pupuk Kaltim

 Sebelumnya 
Menurutnya, perundingan berlangsung dengan mengedepankan kepercayaan dan rasa kebersamaan, hingga menghasilkan kesepakatan yang sangat dijunjung kedua pihak.

Satriyo mengimbau, agar seluruh karyawan dapat terus meningkatkan kinerja guna mendukung berbagai rencana pengembangan Pupuk Kaltim. Sehingga, perusahaan semakin berkembang dengan semangat kebersamaan serta kekompakan yang terjalin.

"Kami  berterima kasih dan apresiasi kepada jajaran Direksi dan Manajemen Pupuk Kaltim, yang telah mendukung proses perundingan hingga penandatanganan PKB periode 2023-2025. Sehingga, mampu mewujudkan hubungan industrial yang sehat di lingkungan perusahaan," tutur Satriyo.

Baca juga : Kunjungi PHE WMO Gresik, Deputi Dukungan SKK Migas Sebut Pekerja Migas Pahlawan APBN

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengungkapkan, kemampuan Perusahaan untuk terus meningkatkan performa bisnis tidak terlepas dari usaha dan kerja keras, serta dedikasi seluruh karyawan.

Rahmad menambahkan, melalui semangat dan kekompakan yang terus terjalin sehingga dalam satu tahun terakhir, Pupuk Kaltim mampu mencapai kinerja terbaik selama 45 tahun berdiri.

Pihaknya optimis penandatangan PKB ini akan semakin mendorong kinerja perusahaan, melalui berbagai pengembangan dan langkah strategis, guna meningkatkan daya saing global. Sekaligus, menjadi pemain utama industri petrokimia di Asia Pasifik.

Baca juga : Hilirisasi Baja Meningkat, Industri Logam Naik 20,6 Persen

"Dari penandatanganan PKB ini, kami harap karyawan bersama serikat pekerja dapat terus memberikan kontribusi dan mendukung kemajuan Pupuk Kaltim. Berbagai langkah strategis yang telah ditetapkan perusahaan mampu terealisasi secara optimal dan berdampak terhadap kesejahteraan," ungkap Rahmad 

Sebagai gambaran, PKB merupakan salah satu sarana strategis dalam hubungan industrial dan Serikat Pekerja selaku wadah aspirasi resmi karyawan menjadi jembatan antara karyawan dengan manajemen Pupuk Kaltim.

Menaker Ida Fauziyah mengpresiasi, terwujudnya PKB antara Pupuk Kaltim dengan Serikat Pekerja untuk periode 2023-2025, yang dinilai sebagai momentum tepat dalam membangun komitmen bersama.

Baca juga : Gangguan Jantung, Putri Tertua Raja Thailand Dirawat Di RS

"Ini merupakan modal utama, bagi industri untuk menjaga kelangsungan usaha dengan menjawab berbagai aspirasi, melalui kesepakatan bersama antara perusahaan dengan seluruh karyawan," tegas Ida Fauziyah. 

Ia berharap, Pupuk Kaltim dapat terus membangun dialog sosial bersama serikat pekerja dan seluruh karyawan secara musyawarah mufakat, untuk menemukan solusi bersama terhadap suatu persoalan yang berkaitan dengan hubungan industrial.

"Begitu juga dengan implementasi PKB ke depan, bisa dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab," pungkas Ida.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.