Dark/Light Mode

Misi Dagang Ke Arab Saudi, Mendag Zulkifli Hasan Saksikan Kerja Sama Senilai Rp 2,3 Triliun

Senin, 23 Januari 2023 23:20 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan penandatanganan 8 kerja sama antara pelaku usaha Indonesia dengan 5 pelaku usaha Arab Saudi dengan nilai kontrak  lebih dari 155,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun.  Salah satunya, oleh Direktur Komersial PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Andry Tanudjaja dan Said Bawazir Trading Company, yang menandatangani kerja sama produk makanan dan barang-barang UMKM untuk distribusi Arab Saudi. (Foto: Ist)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan penandatanganan 8 kerja sama antara pelaku usaha Indonesia dengan 5 pelaku usaha Arab Saudi dengan nilai kontrak lebih dari 155,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,3 triliun. Salah satunya, oleh Direktur Komersial PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), Andry Tanudjaja dan Said Bawazir Trading Company, yang menandatangani kerja sama produk makanan dan barang-barang UMKM untuk distribusi Arab Saudi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Atase Perdagangan Riyadh Gunawan menambahkan, momen ini diharapkan dapat membuka peluang bagi Indonesia untuk semakin dikenal oleh masyarakat Arab Saudi.

"Kami akan terus mendorong lebih banyak kerja sama dengan pelaku usaha Arab Saudi untuk meningkatkan ekspor nonmigas," ungkapnya.

Baca juga : Zulhas Ingin Buka Ritel Modern UKM

Hal yang sama juga disampaikan Kepala ITPC Jeddah Muhammad Rivai Abbas. Menurutnya, potensi perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi dapat dimanfaatkan lebih optimal.

"Melalui penandatanganan kerja sama ini, diharapkan hubungan perdagangan dan ekonomi kedua negara akan semakin meningkat," bebernya.

Baca juga : Bangsawan Saudi Sebut Mendag Zulhas Lakukan Langkah Extraordinary

Penandatanganan delapan kerja sama ini difasilitasi Kemendag, KBRI Riyadh, dan KJRI Jeddah. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, yaitu Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, dan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono.

Pada Januari-November 2022, total perdagangan Indonesia-Arab Saudi mencapai 7 miliar.

Baca juga : Mendag Zulhas Perjuangkan Harga Kedelai Bisa Murah

Jumlah ini meningkat 45,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar 4,8 miliar dolar. Sementara itu, total perdagangan kedua negara pada 2021 mencapai 5,5 miliar dolar AS. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.