Dark/Light Mode

Transformasi, BSI Maslahat Incar Pertumbuhan Dana ZISWAF 30 Persen Hingga Rp 300 M

Senin, 30 Januari 2023 14:16 WIB
Foto: Dok. BSI
Foto: Dok. BSI

 Sebelumnya 
Dengan tema besar ‘Maslahat Membangun Negeri,’ BSI Maslahat ingin terus bergerak, membangun negeri dari Desa untuk Indonesia.

“Diharapkan dengan ini BSI Maslahat tidak hanya sebagai katalisator perubahan kebaikan untuk umat namun juga simpul-simpul pusat ekonomi keumatan yang saling menguatkan,” ucapnya.

Ketua Pembina sekaligus Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna menambahkan, target optimistis pengumpulan dana ZISWAF menjadi Rp 300 miliar selaras dengan keuntungan bisnis yang diraih oleh BSI.

“Tentunya target harus lebih besar lagi dari sebelumnya. Potensi zakat di Indonesia itu besar, mencapai Rp 327 triliun di tahun 2020 yang diperkuat juga dengan wakaf uang. Kami di perusahaan juga mendorong BSI Maslahat dalam menggarap potensi tersebut melalu pengelolaan ZISWAF,” terangnya di acara Grand Launching dan Public Expose BSI Maslahat di gedung Smesco, Jakarta, Senin (30/1).

Baca juga : Fraksi PKB Dukung Masa Jabatan Perangkat Desa Tetap Hingga Usia 60 Tahun

Anton menambahkan, dalam meningkatkan peran nasabah dalam pengumpulan ZISWAF juga dilakukan melalui berbagai channel. Salah satunya dengan optimalisasi penggunaan digital dalam mengumpulkan zakat di BSI Mobile Banking dan penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

“Saat ini pengumpulan ZISWAF memang masih banyak lewat jalur non digital hingga 60 persen. Sisanya 40 persen baru menggunakan channel digital. Ke depan kami akan terus tingkatkan penggunaan digital dalam pengumpulan ZISWAF,” ucap Anton.

Ia menegaskan, dalam Undang-Undang Perbankan Pasal 4 telah diatur mengenai kegiatan ZISWAF. Untuk itu, BSI memiliki mitra strategis dalam memupuk pertumbuhan ZISWAF maupun efektivitas penyalurannya.

Itu mengapa sambung Anton, penting men-create produk sebagai unggulan perbankan syariah kepada nasabah maupun masyrakat luas, hingga tujuan pendirian BSI ini penguatan kepada umat lebih besar melalui ZISWAF.

Baca juga : BSI Bersama BSI Maslahat Resmikan Desa Binaan Di Lombok Tengah

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro menyampaikan, BSI Maslahat siap bertransformasi dan bertumbuh menjadi lembaga zakat terpercaya, modern serta dinamis.

“BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari BSI dalam melakukan penyaluran dan penghimpunan dana ZISWAF, CSR (Corporate Social Responsibility) dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas,” ujarnya.

Dalam Grand Launching & Public Expose ini juga dilakukan Performance Art, dan pameran yang menampilkan produk produk binaan BSI Maslahat.

Tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Baca juga : Lepas Saham Perdana, WINE Incar Dana Segar Rp 87,46 M

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan QRIS. Sehingga pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, di mana saja, dan kapan saja.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.