Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sosialisasikan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Melani Suharli: Era Baru Transportasi Massal Modern Majukan Masyarakat Dan Tumbuhkan Perekonomian

Minggu, 25 Desember 2022 23:08 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar Sosialisasi BUMN bertema Kereta Api Cepat untuk Indonesia Maju, di Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (25/12). (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar Sosialisasi BUMN bertema Kereta Api Cepat untuk Indonesia Maju, di Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (25/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar Sosialisasi BUMN bertema "Kereta Api Cepat untuk Indonesia Maju", di Hotel Amos Cozy Melawai, Jakarta Selatan, Minggu (25/12).

Sosialisasi ini terselenggara atas kolaborasi Melani dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), selalu mitra kerja. 

"Semoga sosialisasi ini memberikan wawasan bagi kita semua, betapa pentingnya transportasi kereta api di era yang serba modern ini bagi kepentingan masyarakat dan kemajuan ekonomi nasional," ujar Melani kepada perwakilan konstituen dan UMKM binaannya di Jakarta Pusat dan Selatan, yang menjadi peserta sosialisasi.

Melani menjelaskan, sebagai bangsa, kita harus siap dengan perubahan. Masyarakat Indonesia, harus siap menghadapi perkembangan zaman. Di negara-negara maju, moda transportasi massal sudah menjadi suatu kebutuhan.

"Kita pun sebagai bangsa harus siap mengikuti perkembangan dan perubahan dunia tersebut," tutur politisi Partai Demokrat ini.

Baca juga : Melani Suharli: Kemitraan BUMN Dan UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Saat ini, Indonesia tengah membangun proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). KCJB merupakan kereta api cepat pertama di Asia Tenggara.

Hadirnya KCJB menjadi era baru transportasi massal modern yang cepat, andal, aman, dan nyaman untuk mobilisasi secara optimal serta meningkatkan konektivitas antarkota.

"KCJB diharapkan mampu memicu pembangunan kawasan dan sentra ekonomi baru, serta berpotensi untuk dikembangkan seluruh Indonesia," ucap Melani, yang didampingi Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan.

Putri Pahlawan Nasional dr Johannes Leimena ini kemudian menjelaskan, memulai pembangunan sejak tahun 2018, proyek KCJB tengah menuju fase operasional yang ditargetkan Juni 2023.

KCJB dibangun oleh 7 perusahaan terkemuka dari Indonesia dan Tiongkok yang telah berpengalaman mengerjakan proyek infrastruktur global dan tergabung dalam High Speed Railway Contractor Consortium atau HSRCC.

Baca juga : Uji Coba Disaksikan Jokowi Dan Jinping, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur Mulus 15 Km

"Saat ini progres konstruksi pembangunan KCJB sudah mencapai 91,7 persen," jelas Melani. 

Berdasarkan data dari PT KAI, tutur Melani, dengan adanya KCJB, waktu yang dibutuhkan pelanggan atau masyarakat untuk bepergian dari pusat kota Jakarta ke pusat kota Bandung hanya sekitar 1 jam saja.

Rinciannya, pelanggan cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim.

Kemudian, pelanggan atau masyarakat dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim. Sebab, kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang akan ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Baca juga : Bahas Percepatan Integrasi Transportasi Massal, Pj Gubernur DKI Temui Menteri Perhubungan

Di Padalarang, KAI telah menyediakan layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. Adapun waktu tempuh KA Feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung adalah hanya 18 menit.

"Sebagai pionir kereta api cepat di Indonesia, KCJB menjadi pusat keunggulan bagi putra dan putri terbaik bangsa untuk ditempa menjadi generasi pertama yang mampu mengoperasikan sarana dan prasarana kereta api cepat di Indonesia," ucap Melani, disambut tepuk tangan para peserta sosialisasi.

Keberhasilan KCJB, lanjut anggota Parlemen tiga periode ini, juga mewujudkan mimpi Indonesia memiliki kereta api cepat.

"Hal ini niscaya membuka wawasan dan menjadi inspirasi bagi generasi muda kita untuk mendorong dunia pendidikan dan industri transportasi massal untuk mendalami dan menguasai teknologi kereta api cepat dalam membangun masa depan infrastruktur modern Tanah Air," bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.