Dark/Light Mode

Hemat Bahan Bakar Hingga 75 Persen

Pake Motor Listrik, Bisnis UMKM Bakal Makin Ngacir

Minggu, 26 Maret 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN).
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN).

 Sebelumnya 
Setelah memiliki motornya, sambung dia, pengguna bisa melakukan penukaran baterai di SPBKLU milik PLN.

Ia berterima kasih kepada Himbara, yang sudah memberikan kredit pembelian motor listrik Volta.

Sementara dari segi pembiayaan, Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), yang ter­diri dari Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan BanK Syariah Indonesia (BSI) turut bersinergi dengan PLN. Yakni terkait skema pembiayaan yang ringan dan mudah bagi masyarakat, yang ingin membeli kendaraan listrik lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk diketahui, PLN memberi­kan berbagai insentif seperti voucher token listik untuk pelanggan pra bayar, diskon tagihan listrik untuk pelanggan pasca bayar, voucher gratis swap baterai.

Baca juga : Hemat dan Ramah Lingkungan, Motor Listrik Siap Bersaing di pasar Otomotif

Lalu, jaminan asuransi ke­celakaan, sampai hadiah umrah, motor listrik dan mobil listrik.

Senior Executive Vice Presi­dent (SEVP) Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso menjelaskan, per­bankan telah menyiapkan skema untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam hal kepemilikan motor listrik (Motlis).

“Rate dan tenornya akan kami samakan untuk Electric Ve­hicle (EV),” kata Josephus di Jakarta, Jumat (10/3).

Begitu juga, SVP Corporate Banking 2 BNI, Ditya Maharhani. Dijelaskannya, untuk program kepemilikan Motlis pihaknya memberikan bunga kompetitif dan kemudahan, serta kecepatan proses.

Baca juga : Motor Listrik Diskon 7 Juta Bakal Direalisasikan Maret

Sedangkan, Direktur Utama BRI Finance Azizatun Azhimah mengatakan, dukungan yang di­berikan berupa pembiayaan un­tuk B2B (Business to Bussiness) kepada perusahaan manufaktur yang memproduksi mobil atau motor listrik. Serta skema B2C (Bussiness to Customer).

“Kami memiliki beberapa produk pembiayaan sepeda mo­tor listrik dari tahun lalu, terma­suk untuk instansi yang membu­tuhkan pembiayaan kendaraan listrik,” akunya.

SVP Non-Subsidized Mortgage and Personal Lending BTN, Mochamad Yut Penta mengaku, pihaknya mendukung pembiayaan pro­gram kepemilikan Motlis, melalui program Motorcycle Ownership Program (MOP) Lewat Produk KRING (Kredit Ringan), yang dapat memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan.

Serta, sejumlah promo men­arik lainnya bagi nasabah BTN yang memiliki payroll BTN atau sudah bekerja sama Penyaluran KRING dengan Bank BTN.

Baca juga : Manjakan Konsumen, Motor Listrik Segway Kini Bisa Diservis Di Bengkel Otoklix

“Program khusus ini memberi­kan kemudahan pembiayaan tan­pa uang muka, angsuran ringan, proses cepat dan tenor pinjaman yang fleksibel,” bebernya. ■

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.idMari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian joinAnda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.