Dark/Light Mode

Hemat Bahan Bakar Hingga 75 Persen

Pake Motor Listrik, Bisnis UMKM Bakal Makin Ngacir

Minggu, 26 Maret 2023 07:30 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN).
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. PLN).

 Sebelumnya 
Selain itu, perseroan telah membangun Electric Vehicle Digital Services (EVDS), yaitu platform digital one stop services ekosistem kendaraan listrik.

Melalui platform itu, kata dia, masyarakat dapat melihat lokasi atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPB­KLU).

Hingga kini PLN telah men­goperasikan 1.056 unit SPBKLU dan 6.705 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), dan 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Lewat EVDS, ada juga fitur marketplace di mana semua kebu­tuhan terkait motor listrik ditawar­kan oleh berbagai mitra,” tuturnya.

Baca juga : Hemat dan Ramah Lingkungan, Motor Listrik Siap Bersaing di pasar Otomotif

Di kesempatan yang sama, Di­rektur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) Bernardi Djumiril memastikan, akan terus melakukan inovasi dalam mem­produksi motor listrik.

Salah satu produksinya, yaitu GESITS dengan penggunaan komponen produksi dalam negeri.

“Unsur TKDN (Tingkat Kom­ponen Dalam Negeri) kita su­dah di atas 40 persen. Dan, kami akan terus meningkatkan komponen mekanikal maupun elektrikal,” ucapnya.

Senada dengan Direktur Op­erasional Selis Wilson Teoh. Di­ungkapkannya, pihaknya akan menyiapkan kendaraan listrik yang sesuai ketentuan Pemer­intah, terkait TKDN 40 persen.

Baca juga : Motor Listrik Diskon 7 Juta Bakal Direalisasikan Maret

“Selis sangat fokus terhadap pengembangan dan produksi lokal untuk kendaraan listrik. Karena itu, TKDN kami juga cukup tinggi,” akunya.

Sementara, Direktur Utama IBC, Toto Nugroho menuturkan, pihaknya akan mendukung eko­sistem kendaraan listrik dengan mempercepat industri hilirisasi nikel hingga menjadi baterai.

“Ini penting bagi Indonesia, se­hingga bisa meningkatkan TKDN hingga 80 persen dari kendaraan listrik saat ini,” tegasnya.

Chief Executive Officer (CEO) Volta Indonesia Iwan Suryaputra, menyambut baik atas insentif kendaraan listrik yang diberikan Pemerintah.

Baca juga : Manjakan Konsumen, Motor Listrik Segway Kini Bisa Diservis Di Bengkel Otoklix

Terlebih, adanya dukungan dari PLN baik dari sisi SPBKLU dan penjualan motor listrik Volta Indonesia melalui PLN Mobile.

“Di PLN Mobile, kami sudah menaruh lebih dari 25 jenis produk. Dan, akan ditingkatkan di kemudian hari,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.