Dark/Light Mode

Tak Ada Lagi Pembatasan Mobilitas

Efek THR Tahun ini Bakal Lebih Nendang

Minggu, 2 April 2023 06:45 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani (kiri) berbicara dalam konferensi pers THR dan Gaji ke-13 yang dipantau virtual di Jakarta, Rabu (29/3/2023). (Foto: Antara).
Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani (kiri) berbicara dalam konferensi pers THR dan Gaji ke-13 yang dipantau virtual di Jakarta, Rabu (29/3/2023). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Untuk itu, kata dia, inflasi pada periode Ramadan dan Lebaran harus jadi perhatian Pemerin­tah. Perlu upaya ekstra untuk meredam hal tersebut dengan pengawasan dan stok barang yang baik. “Khususnya untuk bahan pangan,” tegas Piter.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap, kegiatan ekonomi saat Ramadan dan Idul Fitri, berjalan lancar.

Baca juga : Pilkada Gowa Bakal Sengit Dan Seimbang

“THR akan memberikan dampak positif terhadap growth (per­tumbuhan) ekonomi hingga berkisar 5 persen di kuartal II. Kita lihat ke depan, karena Lebaran juga akan memberikan efek musi­man yang positif,” ungkapnya.

Bendahara Negara ini ber­harap, kenaikan pertumbuhan ekonomi diikuti dengan terjag­anya laju inflasi di level 3,6 persen secara year-on-year (yoy).

Baca juga : Awas, THR Tahun Ini Nggak Boleh Nyicil

Menkeu menjelaskan, pencairan THR untuk ASN, TNI, Polri dan pegawai Pemerintah lainnya ren­cananya mulai dilakukan 4 April 2023. Jika THR belum dapat dibayarkan pada periode tersebut karena masalah teknis, dipastikan Menkeu, THR tetap dapat dibayar­kan setelah Idul Fitri.

“Kami akan terus mengimbau seluruh kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah agar diupaya­kan THR bisa diterima sebelum hari raya Idul Fitri,” ujarnya.

Baca juga : Produksi Ban Tahun Ini Diramal Makin Kenceng

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menambahkan, pemberian THR merupakan upa­ya Pemerintah untuk terus meng­gerakkan ekonomi masyarakat.

“THR yang diterima seluruh pekerja formal, ASN dan pe­gawai Pemerintah diharapkan menjadi instrumen fiskal yang turut memperkuat fondasi pe­mulihan ekonomi kita,” tegas Anas. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.