Dark/Light Mode

Komitmen TASPEN Untuk ASN: Muda Aman, Tua Nyaman

Jumat, 14 April 2023 16:54 WIB
TASPEN berupaya aktif untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Aktif, ASN Pensiunan dan Pejabat Negara melalui beragam inovasi layanan dan program manfaat secara digital. (Foto: Humas TASPEN)
TASPEN berupaya aktif untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Aktif, ASN Pensiunan dan Pejabat Negara melalui beragam inovasi layanan dan program manfaat secara digital. (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi kepada negara.

Selama 60 tahun, TASPEN telah menjadi bagian dari sejarah panjang abdi negara di Indonesia, dengan menyelenggarakan Program Asuransi Sosial bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

TASPEN juga memperoleh kepercayaan dari pemerintah, untuk melaksanakan pembayaran pensiun dan Tabungan Hari Tua ASN secara nasional.

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, TASPEN berupaya aktif untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Aktif, ASN Pensiunan dan Pejabat Negara melalui beragam inovasi layanan dan program manfaat secara digital.

Baca juga : Lestari Ingin Semua Pihak Pastikan Arus Mudik Aman Dan Nyaman

“Sebagai bagian dari Kementerian BUMN, PT TASPEN (Persero) berkomitmen meningkatkan kontribusi kepada Indonesia, demi meningkatkan kesejahteraan para abdi negara. Sehingga, dapat memaksimalkan kinerja, penyampaian gagasan, dan aksi nyata. Demi perkembangan dan kemajuan negara Indonesia," kata Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih dalam keterangannya, Jumat (14/4).

Dengan pengalaman yang sudah terbukti dalam memberikan pelayanan program asuransi sosial bagi ASN dan Pejabat Negara, TASPEN akan terus meningkatkan kualitas pelayanan. Serta melakukan pembenahan dalam memberikan pelayanan, melalui berbagai macam inovasi.

Tahun 2004, demi memberikan manfaat dan pelayanan yang terbaik bagi peserta dan stakeholders secara profesional dan akuntabel, dengan berlandaskan integritas dan etika yang tinggi, TASPEN telah menerapkan sistem pelayanan 1 jam untuk pemrosesan pembayaran klaim peserta, sejak dokumen diterima secara lengkap.

Sejak tahun 2014, TASPEN juga dipercaya pemerintah untuk mengelola Program Asuransi Sosial yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), terhitung 1 Juli 2015.

Baca juga : Komitmen DPR RI, Optimalkan Kerja Untuk Rakyat

Berbekal pengalaman mengelola jaminan sosial sejak 1963, TASPEN telah menjalankan bisnisnya secara dinamis dan terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pesertanya, serta menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Kini, TASPEN telah menciptakan beragam inovasi, seperti digital-based service, layanan klaim otomatis, layanan kunjungan nasabah, hingga layanan klaim satu jam yang telah memperoleh sertifikasi ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu.

“Ini merupakan komitmen TASPEN, untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Demi tercapainya kesejahteraan ASN yang berkelanjutan," ucap Kosasih.

Setiap tahunnya, TASPEN selalu berupaya menghadirkan beragam inovasi program dan layanan terbaru. Agar dapat lebih berkontribusi terhadap negara, dan memberikan pelayanan optimal kepada peserta.

Baca juga : Manfaat Kunyit Untuk Jaga Kekebalan Tubuh Jelang Ramadan

Dari segi optimalisasi layanan, TASPEN telah melakukan launching Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun melalui pengembangan Sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional pada seluruh mitra bayar sejak 2018.

Pengembangan dan penerapan sistem ini menggunakan otentikasi online terpusat berbasis data biometrik, yakni sidik jari (fingerprint), perekaman wajah (face recognition) dan perekaman suara (voice recognition).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.