Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Sebelumnya
Seluruh layanan ini dilakukan melalui teknis verifikasi dokumen yang mudah. Para peserta dapat menggunakan aplikasi TASPEN Otentikasi secara mandiri, yang dapat diunduh pada Play Store dan App Store.
Dalam aplikasi tersebut, peserta akan diminta mengikuti beberapa instruksi. Antara lain foto wajah menggunakan kamera ponsel, melakukan perekaman sidik jari yang terdaftar, dan verifikasi lainnya tanpa harus mendatangi kantor TASPEN atau kantor mitra bayar secara langsung.
Inovasi TASPEN Otentikasi mengacu pada lima prinsip Tepat TASPEN, yaitu Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Administrasi, Tepat Tempat, dan Tepat Jumlah.
Sebanyak 2,7 juta atau 90 persen peserta pengguna aktif dari total 3,7 juta orang peserta pensiunan, telah menggunakan aplikasi TASPEN Otentikasi, pada Maret 2023.
Memasuki tahun 2023, TASPEN meluncurkan Digital Services Apps yang mengintegrasikan seluruh layanan digital TASPEN. Antara lain Otentikasi Digital dan Pengajuan Klaim secara Digital melalui TASPEN One-hour Online Service (TOOS).
TOOS merupakan inovasi layanan digital yang memudahkan seluruh peserta, untuk mendapat layanan terbaik dari TASPEN, baik peserta aktif maupun pensiunan.
Jangkauan pelayanan TASPEN berdasarkan data bulan Maret 2023 telah dalam melayani 6,78 juta peserta tersebar di 57 Kantor Cabang, 44 Mitra Bayar dan 16.985 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Baca juga : Lestari Ingin Semua Pihak Pastikan Arus Mudik Aman Dan Nyaman
Di samping menjadi perusahaan Andal dan Melayani bagi seluruh peserta, TASPEN juga berfokus untuk meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan, dan melakukan edukasi wirausaha kepada para pesertanya.
Komitmen ini dibuktikan pada penyelenggaraaan Kegiatan Program Wirausaha ASN dan Pensiunan bertema Sejahtera di Purnatugas yang dihadiri oleh Presiden Jokowi dengan total 5.000 peserta pada tahun 2019.
Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup ASN di hari tua. Didukung program Wirausaha Pintar, para peserta ASN yang menjelang masa pensiun dan para pensiunan aktif diharapkan dapat terlatih menjadi entrepreuneur dan berwirausaha secara mandiri.
Dalam situasi pemulihan Covid-19, TASPEN juga menghadirkan inovasi digital melalui TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, TCare, dan Taspen Otentikasi.
Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui https://e-klim.taspen.co.id dan https://tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim. Atau mengajukan pertanyaan dan keluhan, demi memudahkan peserta mendapatkan pelayanan optimal selama masa pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan teknologi digital.
Atas komitmen TASPEN dalam memberikan pelayanan yang andal, program TASPEN PESONA berhasil mendapatkan penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik 2022 dalam Penganugerahan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB).
Seluruh upaya tersebut merupakan salah satu langkah TASPEN, untuk menjadi perusahaan BUMN yang andal bagi para stakeholders. Terutama, ASN sebagai peserta TASPEN di seluruh Indonesia.
Baca juga : Komitmen DPR RI, Optimalkan Kerja Untuk Rakyat
Seluruh upaya yang TASPEN lakukan ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir di hari ulang tahun ke-25 Kementerian BUMN untuk terus bertransformasi, membangun dan memperkokoh ekosistem, demi menghasilkan dampak nyata skala besar untuk menggerakan kemajuan Indonesia.
Kementerian BUMN telah menyatukan Langkah BUMN khususnya PT TASPEN (Persero) untuk bergerak maju, dan meggerakkan Indonesia maju.
Ini merupakan refreksi dari langkah dan gerak tak terpisahkan TASPEN, yang hadir di setiap sendi kehidupan rakyat dan negara. Demi mencapai tujuan Indonesia yang maju, makmur dan mendunia.
Tentang PT TASPEN (Persero)
PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.
Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.
PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), Program Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun.
Baca juga : Manfaat Kunyit Untuk Jaga Kekebalan Tubuh Jelang Ramadan
PT TASPEN (Persero) merupakan The First Chairman of Asian Civil Service Pension Association (ACSPA) atau Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaminan Sosial bagi Aparatur Sipil Negara pertama di Asia, yang beranggotakan Penyelenggara Jaminan Sosial bagi ASN dari berbagai negara di Asia antara lain Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.
PT TASPEN (Persero) mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta, dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona).
Yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (TASPEN One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.
Sebagai kanal informasi, dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi situs resmi https://www.taspen.co.id, https://taspen.co.id dan seluruh media sosial resmi milik TASPEN. ■
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya