Dark/Light Mode

Tak Ingin Ada Arogansi, Erick Gelar Rekrutmen Bersama BUMN

Kamis, 4 Mei 2023 08:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rekrutmen BUMN 2023, tidak dilakukan secara individu oleh masing-masing perusahaan BUMN. Seluruh BUMN, secara serentak, menggelar perekrutan dalam waktu yang sama. 

Terkait hal ini, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Rekrutmen Bersama BUMN sengaja dilakukan, agar BUMN bisa menyatu sejak awal. 

"Rekrutmen tidak individu. Karena saya ingin menyatukan BUMN sejak awal. Sebab selama ini, kadang terjadi arogansi antara satu perusahaan dengan satu perusahaan lainnya. Semoga, ini tidak akan terjadi lagi," ujar Erick saat Ramah Tamah dengan Media di Jakarta, Rabu (3/5).

Erick mengungkap, selama ini kerap muncul kerajaan - kerajaan kecil di BUMN, yang kadang menghambat program percepatan kinerja BUMN secara keseluruhan.

Baca juga : Nikita Mirzani, Lempar Gelas Ke Suami Siri

"Misalnya, ada BUMN yang akan merger. Bisa terjadi, Corsec atau direksinya membuat pemberitaan masing - masing. Padahal, tujuan mergernya bagus. Itu terjadi karena atasnya terlalu banyak, jadi kerajaan - kerajaan. Makanya, grouping kita kecilkan," beber Erick.

Bercermin pada pengalaman itu, Erick menegaskan, rekrutmen tidak dilakukan secara parsial. Melainkan harus bersamaan.

Dengan cara tersebut, insan BUMN akan lebih menyatu sejak awal.

"Kalau dari muda sudah bersama, mereka akan ingat sewaktu sama-sama digembleng di Kopassus, sama-sama capek. Maka, masalah (persaingan) bisa dihindari, karena sejak muda mereka sudah saling kenal," tutur Erick.

Baca juga : Borneo FC Umumkan Rekrutan Pertama

Dalam penggemblengan itu, Erick menambahkan materi pelatihan.

"Akan ada tambahan pelatihan, bukan hanya bela negara, tetapi juga pengenalan NKRI dan Pancasila," ujarnya.

Sebagai informasi, Rekrutmen Bersama BUMN dibuka Mei 2023.

Setiap pelamar, wajib memperhatikan tanggal-tanggal penting terkait rekrutmen BUMN 2023 tersebut.

Baca juga : Erick: Tanpa Harmoni, Tak Mungkin Ada Transformasi BUMN

Registrasi Rekrutmen BUMN 2023, dibuka tanggal 5 hingga 20 Mei 2023. Pengumuman Hasil Registrasi, tanggal 1 Juni 2023. Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, 10-19 Juni 2023. Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Dasar dan Akhlak, pada 28 Juni 2023.

Tes Bahasa Inggris digelar pada tanggal 8-12 Juli 2023. Pengumuman Tes Bahasa Inggris, 19 Juli 2023. Tes BUMN meliputi Tes Kompetensi Bidang, User Interview, Socmed Analytic dan Digital, Mindset, Medical Check Up, pada tanggal 22 Juli hingga 9 Agustus 2023.

Pengumuman Akhir, berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem, pada tanggal 16 Agustus 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.