Dark/Light Mode

Sea Indonesia 2023, Ajang Pertemuan Bisnis Investasi Dan Maritim Dunia

Senin, 15 Mei 2023 16:02 WIB
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Budi Sulistyo. (Foto: Istimewa)
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Budi Sulistyo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu Direktur Utama PT Kshatriya Piningit Kamulyan Johnson W. Sutjipto menjelaskan, pameran kemaritiman ini cukup lengkap.

Ia mencontohkan, jika pemilik kapal akan membangun kapalnya, di Sea Indonesia tersedia arsitek angkutan laut untuk merancang, badan klasifikasi untuk mensertifikasi, galangan kapal.

Johnson menambahkan, jika seseorang sedang merencanakan liburan, di Sea Indonesia memiliki berbagai pilihan wisata bahari yang ditawarkan seperti, tinggal di atas kapal selam modern di Gaia Love atau dengan phinisi tradisional seperti Samsara.

"Kami mengambil tema Maritime One Stop Shop SHOP (MOSS), The Most Exclusive Maritime Exhibition & Conference ini sesuai dengan harapan kami dimana Sea Indonesia menjadi tempat bagi bertemunya para pengusaha kemaritiman nasional dan internasional untuk  kerja sama investasi," tuturnya.

Baca juga : Gandeng Flip, Amartha Dorong Pendana Retail Salurkan Modal Produktif

Sementara itu, Senior Vice President Bank Mandiri Ferdianto Munir menilai, kehadiran Bank Mandiri di event ini merupakan bentuk komitmen besar untuk turut serta menyukseskan visi Pemerintah di bidang kelautan.

Ferdianto menjelaskan, potensi kemaritiman Indonesia sangat besar. Apalagi, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan Pemerintah memiliki tujuan untuk mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim dunia.

"Mandiri sudah membiayai sektor kemaritiman senilai lebih dari Rp 50 triliun," ungkapnya.

Komisaris PT Kshatriya Piningit Kamulyan Siana A. Surya menjelaskan latar belakang digelarnya Sea Indonesia yang sudah diinisiasi sejak 2019 dan baru terlaksana pada 2023 karena adanya pandemi Covid-19.

Baca juga : Rayakan Bintang Jasa Untuk Menteri ESDM

Ia mengatakan, event ini sangat penting bagi Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau mencapai 17.508 buah, sehingga perlu terus digaungkan potensi maritim Indonesia dapat dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat.

Tujuan Sea Indonesia adalah untuk memfasilitasi berkumpulnya para pemangku kepentingan bidang maritim dalam maupun luar negeri serta memberikan ruang bagi perusahaan nasional untuk mengembangkan pasarnya.

Menurutnya, event ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk saling menjajaki kerja sama bisnis dan investasi.

Sea Indonesia juga memiliki fitur unik dan menjadi satu-satunya yang tidak akan ditemukan di pameran lain. Kami menyediakan lounge seluas 200 meter persegi di tengah venue pameran.

Baca juga : Arsjad Yakin ASEAN Jadi Pusat Stabilitas Dan Ekonomi Dunia

"Kami berharap semua jaringan dan transaksi bisa dilakukan di sini. Semua yang diperlukan di bidang kemaritiman, ada di sini," ujar Surya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.