Dark/Light Mode

Cegah Simpang Siur Data Penumpang

ASDP Janji Perkuat Aspek Keamanan Penyeberangan

Rabu, 17 Mei 2023 07:30 WIB
ASDP bersama stakeholder angkutan ferry sepakat perbaiki tata kelola. (Foto: ASDP).
ASDP bersama stakeholder angkutan ferry sepakat perbaiki tata kelola. (Foto: ASDP).

 Sebelumnya 
Lalu, manajemen keselamatan, optimalisasi fungsi pengawasan penyeberangan, penanganan ken­daraan yang membawa barang berbahaya dan sebagainya.

“Kami akan fokus pada peningkatan ketersediaan alat keselama­tan, petugas, manajemen kesela­matan kapal, tata cara pelayanan dalam keadaan darurat, serta stan­dar pelayanan minimal angkutan penyeberangan,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Transportasi Sungai, Da­nau dan Penyeberangan (TSDP) Kemenhub Junaidi menyampai­kan, pihaknya akan segera berkoordinasi untuk penerapan tarif bagi seluruh penumpang.

Baca juga : Maju Pileg Dari Dapil I Karawang, Yuni Maharani Janji Perjuangkan Hak Perempuan

“Saat ini belum ada kewajiban tarif bagi penumpang di dalam kendaraan. Namun, mekanisme penerapan tarif bagi seluruh penumpang tersebut akan segera didiskusikan dan diatur ketetapannya,” ungkap Junaidi.

Sementara itu, Direktur Ko­mersial dan Pelayanan ASDP Indonesia Ferry M. Yusuf Hadi menegaskan, pihaknya akan mendukung dan mematuhi se­luruh peraturan yang ditetapkan Kemenhub.

Menurutnya, salah satu pem­benahan yang terus dilakukan perseroan adalah penertiban agen dan perluasan sales channel Ferizy dengan OTA, E-Com­merce dan Mobile Banking.

Baca juga : Taufik Madjid Beberkan Kunci Keberhasilan Pembangunan Desa

“Kami bersama Mitra Sales Channel berkomitmen, mem­berikan teguran dan punish­ment kepada para agen yang tidak patuh terhadap syarat dan ketentuan Ferizy,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyediakan formulir pendaftaran data penumpang dan data kendaraan di Web Reservation atau Mobile Application Ferizy.

Dengan begitu, seluruh masyarakat dapat merasakan kemuda­han, sekaligus mendukung ketertiban pengisian data manifest.

Baca juga : Gangguan IT Pulih, BSI Perkuat Sistem Keamanan Siber

“Sehingga tidak terjadi lagi adanya perbedaan antara data penumpang yang berada di atas kapal dengan data manifest yang dipersiapkan operator pelayaran,” tandasnya.

Terpisah, Pengamat Transpor­tasi dari Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan, baik stakeholder maupun operator angkutan penyeberangan, dalam hal ini ASDP Indonesia, harus selalu tegas menerapkan aturan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.