Dark/Light Mode

Top! Pabrikan Lokal Mitra Binaan Forum Kapnas Sukses Ekspor Kapal Penumpang

Rabu, 24 Mei 2023 09:06 WIB
(Dok. Forum Kapnas)
(Dok. Forum Kapnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Produk binaan Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) – Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sukses bersaing di kancah internasional.

Pabrikan lokal binaan Forum Kapnas yang merupakan perusahaan galangan kapal di Jawa Timur, Orela Shipyard ini mendapat pesanan kapal penumpang dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

Adalah NKA Energy Ventures Sdn Bhd Malaysia yang memesan 2 kapal berpenumpang, melalui Jaringan perusahaan minyak Malaysia, Petronas Indonesia, yang sebelumnya melakukan kontrak penyewaan kapal di wilayah perairan Indonesia untuk operasional wilayah offshore.

“Kami mendapatkan pesanan untuk memproduksi kapal baru dan juga melakukan perbaikan kapal yang akan digunakan di Malaysia dan Brunei Darussalam. Kerja sama ini merupakan hasil pembinaan berkelanjutan Forum Kapnas SKK Migas II 2022,” kata Direktur PT Orela Shipyard, Soegeng Riyadi yang hadir di acara Forum Kapnas area Jawa, Bali, Madura dan Nusa Tenggara (Jabanusa) yang berlangsung di Surabaya, 22-24 Mei 2023.

Baca juga : Kembali Digelar, Forum Kapnas Terbukti Berdampak Positif Bagi Industri Penunjang Hulu Migas

Menurutnya, keberhasilan perusahaannya dalam mendapatkan kontrak pembelian dari NKA Energy Ventures Sdn Bhd Malaysia, ini membuktikan bahwa perusahaan galangan kapal lokal mampu memenuhi kebutuhan pasar internasional dan nasional.

Kapal pesanan Malaysia yang nantinya diberi nama Keel Laying 150 dan 153.

Kapal ini mampu memuat 80 penumpang dan dibuat untuk berbagai keperluan operasional, termasuk aktivitas staf lapangan perusahaan migas yang banyak beroperasi di lepas pantai.

Kapal ini didesain dengan tingkat kenyamanan tinggi dan memiliki kecepatan maksimal 30 knot (sekitar 55 Km per jam).

Baca juga : Trimedya Puas Gulat Bawa Pulang 6 Emas

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi Suryodipuro menjelaskan, kapal keel laying L 150 DAN 153 milik Orela Shipyard saat ini sedang dalam tahap pembangunan.

“Sejak tahun 2021 SKK Migas mengimplementasikan Program Peningkatan Kapasitas Nasional melalui pembinaan kapasitas daerah di 5 wilayah operasi, pengembangan kapasitas nasional, dan pembinaan pabrikan dalam negeri untuk memasuki pasar internasional. Hasilnya perlahan terlihat,” katanya.

Menurut Hudi, pembelian dan serah terima kapal ini menjadi momentum keberhasilan pabrikan lokal dalam menembus pasar global.

“SKK Migas terus mendukung agar pabrikan lokal tidak hanya mengambil peran di Industri Hulu Migas dalam negeri tapi juga mampu bersaing dengan produk-produk luar negeri,” kata Hudi.

Baca juga : Telkom Pastikan Layanan dan Jaringan Tetap Prima Saat Mudik Lebaran

Ketua Forum Kapasitas Nasional, Erwin Suryadi menambahkan, SKK Migas dan KKKS akan terus mengintegrasikan produk dalam negeri atau produk lokal, sehingga menghasilkan produk baru yang mampu menjawab kebutuhan Industri Hulu migas nasional.

“Tentu kami akan kawal agar produk lokal tersebut memiliki kualitas dan kuantitas sehingga mampu bersaing dengan produk luar negeri, dan perlahan kita sudah buktikan, ” kata Erwin. Nov

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.