Dark/Light Mode

Gelar Event Tambora Run 5K

Season City Ikut Dorong Ekonomi Masyarakat

Minggu, 8 September 2019 20:04 WIB
Kepal Tangan: (Kedua dari kanan) General Manager Trade Mall Season City Mualim Wijoyo, Camat Tambora Bambang Sutarno, dan CEO 910 Hartono Wijaya saat melakukan konferensi pers usai event Tambora Run 5K di Season City, Jakarta, Minggu (8/9). Event yang sukses diikuti ribuan peserta ini diharapkan bisa ikut berkontribusi mengangkat perekonomian masyarakat dan mengenalkan sejarah.
Kepal Tangan: (Kedua dari kanan) General Manager Trade Mall Season City Mualim Wijoyo, Camat Tambora Bambang Sutarno, dan CEO 910 Hartono Wijaya saat melakukan konferensi pers usai event Tambora Run 5K di Season City, Jakarta, Minggu (8/9). Event yang sukses diikuti ribuan peserta ini diharapkan bisa ikut berkontribusi mengangkat perekonomian masyarakat dan mengenalkan sejarah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Trade Mall Season City kembali menggelar event lari tahunan. Acara bertajuk Tambora Run 5K-3.0 ini sukses diikuti oleh 5 ribu peserta termasuk komunitas lari nasional.

General Manager Trade Mall Season City Mualim Wijoyo mengungkapkan, gelaran olahraga ini diselenggarakan bersama Kecamatan Tambora. Selain diwarnai panggung hiburan event ini juga diisi beragam bazar dari masyarakat sekitar Tambora.

"Ini sebetulnya adalah ucapan terima kasih kita kepada masyarakat Tambora. Kita bareng Pak Camat ya kita libatkan masyarakat untuk ikut buka bazar di sini," ujar Mualim saat ditemui di Season City, Jakarta, Minggu (8/9).

Adanya bazar ini bertujuan untuk mendorong perekonomian masyarakat Tambora. Ada banyak stand yang dibuka oleh penduduk sekitar. Mereka menjajakan berbagai dagangan mulai dari makanan, minuman, hingga pakaian.

Baca juga : Kebijakan Kementan Dorong Ekspor Pangan Melesat

Lebih jauh dijelaskan, di belakang Trade Mall Season City banyak kegiatan UMKM yang dilakukan penduduk seperti membuka usaha konveksi. "Diharapkan acara ini bisa menjadi salah satu upaya mendukung peningkatan perekonomian masyarakat. Ya kita harapkan mengajak masyarakat luar untuk lebih mengenal Tambora," harap Mualim.

Jadi kata dia, berbeda dari event lari sebelumnya, pada event di tahun ketiga, Tambora Run terbuka untuk umum tapi dengan jumlah terbatas.

Mualim mengklaim acara ini mulai dilirik tidak hanya di sekitar Tambora. "Tahun ini kita mencoba buka untuk umum tapi kita stop di jumlah sekitar 2.500. Gaung acara ini sudah bisa nasional karena ada komunitas-komunitas yang juga bergabung," katanya.

Untuk diketahui, acara ini juga diikuti oleh komunitas lari nasional yaitu Jakarta Berlari dan Indonesia Runner.

Baca juga : Desa Makmur Peduli Api: Cegah Kebakaran Dan Dorong Ekonomi Masyarakat 

CEO 910, Hartono Wijaya optimistis ajang lari ini kedepannya bisa makin besar karena dimeriahkan oleh komunitas lari. Salah satunya Jakarta Berlari yang didirikan Sandiaga Uno.

“Saya percaya ini bisa lebih besar. Kalau sudah diikuti komunitas lari, biasanya ajang lari bisa tumbuh jadi profesional. Ke depan saya harap ajang Tambora Run 5K semakin besar," kata produsen sport wear lokal khusus lari itu.

Camat Tambora, Bambang Sutarno menilai Tambora Run 5K tak sekadar lomba lari, bisa menaikkan tingkat ekonomi di wilayahnya. Acara ini bisa mengajak masyarakat ingin lebih mengenal wilayah Tambora yang memiliki kisah dan peninggalan sejarah.

"Tambora Run 5K juga bertujuan untuk mempromosikan situs sejarah di kawasan Tambora. Wilayah Tambora, Jakarta Barat itu penuh sejarah dan ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata Jakarta,” katanya.

Baca juga : Cetak Pengusaha Muslimah, Ipemi Bantu Dongkrak Ekonomi

Dia menceritakan, dahulu Tambora adalah tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai negara, mulai dari Arab, India, Pakistan, dan Tiongkok, sehingga kemudian menjadi pemukiman. Jejak-jejak mereka bisa dilihat dari adanya masjid dan klenteng.

“Ada Masjid Langgar Tinggi, ada Masjid Jami Tambora yang dibangun pada tahun 1.761, dan Masjid Angke, hingga Jembatan Kambing yang bersejarah. Nah, dengan rute Tambora Run 5K yang melewati situs-situs bersejarah tersebut, saya harap ini bisa mempromosikan situs-situs bersejarah di Tambora sebagai destinasi wisata,” kata Camat Bambang. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.