Dark/Light Mode

Pupuk Kaltim Pertahankan Properda Emas Ke-8 Dari Pemprov Kaltim

Senin, 19 Juni 2023 09:28 WIB
SVP Teknologi Pupuk Kaltim Achmad Rois (kiti) saat menerima pengahrgaan dari Gubernur Kaltim Isran Noor pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, di Samarinda, Kaltim, Kamis (15/6). (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
SVP Teknologi Pupuk Kaltim Achmad Rois (kiti) saat menerima pengahrgaan dari Gubernur Kaltim Isran Noor pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, di Samarinda, Kaltim, Kamis (15/6). (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
“Pupuk Kaltim terus mensinergikan aspek lingkungan dalam aktivitas bisnis Perusahaan, sebagai dasar mengelola dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana,” jelas Rois.

Selain kontribusi terhadap keanekaragaman hayati dan konservasi ekosistem perairan yang ditingkatkan setiap tahun, Pupuk Kaltim juga fokus pada penanganan persoalan sampah, khususnya plastik.

Yakni, dengan berbagai inovasi terbaru untuk menekan jumlah produksi, hingga mendorong kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan yang bebas dari sampah.

Lebih lanjut Rois mengatakan sejalan dengan tema “Kurangi Polusi Sampah Plastik untuk Bumi yang Lebih Hijau” pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, beragam program dalam menyikapi persoalan sampah khususnya di Kota Bontang, tak hanya dilaksanakan Pupuk Kaltim secara korporasi.

Tapi, juga melibatkan seluruh karyawan melalui Employee Voluntary Initiation (Evolution), yang secara berkala menggelar edukasi maupun turun langsung aksi penyelamatan lingkungan di berbagai kawasan.

Baca juga : Kepala BPIP Tegaskan Kemerdekaan RI Bukan Hadiah Dari Bangsa Lain

“Karena persoalan sampah menjadi isu global, yang sangat berdampak terhadap lingkungan, sehingga butuh kesinambungan upaya untuk menekan produksi sampah plastik,” ungkap Rois.

Perseroan juga meningkatkan fokus, terhadap kemandirian masyarakat dengan mengangkat nilai budaya kearifan lokal, sebagai ciri khas dari keterpaduan sistem perekonomian kemasyarakat, berbasis People, Planet, Prosperity, Peace and Partnership (5P).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan misi, serta sasaran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Termasuk, dukungan terhadap pencapaian 17 Sustainable Development Goals (SDGs), dengan menyasar pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar perusahaan.

Salah satunya, program ‘Kilau Samudera’ yang digagas Pupuk Kaltim sebagai bentuk kepedulian dan intervensi nyata perusahaan dalam pengelolaan lingkungan, untuk kelangsungan ekosistem laut dalam jangka panjang.

Baca juga : Generasi Muda Harus Ikut Kampanyekan Perdamaian, Toleransi, Dan Persatuan

“Dari seluruh upaya tersebut, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus maju dengan mengedepankan lingkungan sebagai ujung tombak keberlanjutan industri,” tambah Rois.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Kaltim Isran Noor, mengapresiasi seluruh penerima Properda tahun ini.

Sekaligus, mengajak seluruh perusahaan meningkatkan peran dalam pengelolaan lingkungan, serta menaati semua peraturan lingkungan hidup yang berlaku.

Perusahaan diimbau, terus melakukan konservasi dan efisiensi penggunaan sumber daya alam, menjaga kelestarian keanekaragaman hayati serta tanggung jawab community development secara konsisten.

“Properda merupakan preferensi dan tanggung jawab bagi perusahaan penerima untuk terus meningkatkan tata kelola lingkungan, mengingat keberadaan ekosistem sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup di dalamnya,” kata Isran.

Baca juga : Sukidi Perjuangkan Kesetaraan dalam Keragaman

Isran juga mengimbau, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini dapat semakin menggerakkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyelamatkan bumi, dengan membuang sampah secara benar untuk mengurangi polusi sampah plastik.

“Di sinilah, pentingnya daur ulang menjadikan sampah bernilai guna. Terus galakkan penghijauan dan reboisasi untuk menjaga hutan tetap lestari,” pungkas Isran. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.