Dark/Light Mode

Ambil Bagian Pengentasan Kemiskinan Ektrem

Kemenkop UKM Siapkan UMKM Ciptakan Lapangan Kerja

Selasa, 20 Juni 2023 19:59 WIB
Sinergi dan Kolaborasi Program Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrem Bidang Koperasi dan UMKM di Pendopo Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (20/6). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Sinergi dan Kolaborasi Program Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrem Bidang Koperasi dan UMKM di Pendopo Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (20/6). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Ia mengatakan, penghapusan kemiskinan ekstrem pada sektor Koperasi dan UMKM, memiliki tantangan tersendiri karena jumlahnya yang tersebar.

Teten mendorong adanya sinergi dari lintas K/L dan Pemerintah Daerah hingga perbankan untuk mendukung program prioritas ini.

Baca juga : Mendagri: Pembangunan Perbatasan Harus Dengarkan Masukan Daerah

"Kuncinya ada bagaimana nanti usaha yang dikembangkan didukung dengan pembiayaan. Memang harus sedikit longgar agar UMKM dapat dengan mudah mengakses pembiayaan, masih banyak pelaku UMKM tidak punya aset, tempat usaha sewa, tapi kalau ke bank harus pakai agunan, di negara lain mereka menggunakan sistem credit scoring," ujat Teten.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan, saat ini terdapat lima kecamatan dan 25 desa yang termasuk daerah miskin ekstrem. Sedangkan untuk jumlah pelaku usaha mencapai 55.205 UMKM.

Baca juga : Jokowi: Kepemimpinan Bukan Meteran Bensin

"Diharapkan program pemberdayaan dan sinergi percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem bidang koperasi dan UMKM semakin mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah," ujar Sri Mulyani. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.