Dark/Light Mode

Libur Panjang Bakal Gairahkan Pariwisata

BUMN Kudu Ancang-ancang Tangkap Peluang Raup Cuan

Jumat, 23 Juni 2023 07:30 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. (Foto: ANTARA/HO-Kementerian BUMN/am)
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga. (Foto: ANTARA/HO-Kementerian BUMN/am)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ancang-ancang menangkap potensi meraup cuan pada libur sekolah dan perayaan Idul Adha, pekan depan. Sebab, momen tersebut diyakini bakal menggairahkan sektor pariwisata.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, BUMN yang bergerak di sektor transportasi dan pari­wisata harus siap menangkap pe­luang tersebut. Apalagi libur Idul Adha tahun ini bisa sampai lima hari, sehingga sektor pariwisata diramal akan tumbuh.

“BUMN jangan hanya siap dari sisi penyediaan daging kurban untuk Idul Adha-nya saja, atau pada penerbangan haji. Tapi pariwisata juga harus siap,” tegas Arya, dalam acara Ngopi BUMN bertema ‘Peran BUMN Menjelang Hari Raya Idul Adha & Pelaksanaan Ibadah Haji Di Indonesia’, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Ganjar Milenial Adakan Kegiatan Bersih Kampung Dan Tanam Pohon Di Penajam Paser Utara

Arya menekankan, bila BUMN tak siap menangkap potensi tersebut, dikhawatirkan masyarakat Indonesia akan berwisata ke luar negeri.

“Daripada (potensi pariwisata) ditangkap oleh Singapura, Hong Kong dan lainnya, harus kita (BUMN) yang menangkapnya,” pesen Arya.

Ia mencontohkan, kesiapan dari sisi operasional kapal ferry milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan lainnya. Layanan penyeberangan kerap ramai dilintasi masyarakat.

Baca juga : Masa Jabatan Diperpanjang, Ketua KPK: Kami Akan Terus Buru Dan Tangkap Koruptor!

Kesiapan tersebut, sambung Arya, juga perlu dilakukan operator bandara seperti PT Angkasa Pura II dan maskapai penerbangan, hingga InJourney sebagai Holding Pariwisata dan Pendukungnya.

“Ini pasti ramai di bandara dan Garuda (PT Garuda Indonesia) harus siap,” pinta Arya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Keuangan dan Manaje­men Risiko PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Prasetio mengaku siap memberikan layanan dalam menyongsong libur panjang sekolah dan Idul Adha.

Baca juga : Kornas Ganjarist Yakin Bakal Ada Partai Besar Lain Dukung Ganjar Pranowo

“Kami siap memberi pelayanan terbaik, kesiapa armada dan pe­nunjang lainnya juga siap. Belum lagi, ada program Sales Office Travel Fair (SOTF), ada dis­kon, cash back, tapi tetap dengan memperhatikan aturan soal Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB),” kata Prasetio.

Ia memproyeksikan, pada pe­riode liburan sekolah nanti akan ada pertumbuhan trafik hingga 40 persen. Khususnya, untuk rute-rute ke destinasi wisata seperti Bali.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.