Dark/Light Mode

Blusukan Ke Pasar Palmerah Jelang Idul Adha

Jokowi Kaget Harga Ayam Mahal Banget

Selasa, 27 Juni 2023 06:45 WIB
Presiden Jokowi saat blusukan ke Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: setkab.go.id)
Presiden Jokowi saat blusukan ke Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, kemarin. (Foto: setkab.go.id)

 Sebelumnya 
Pedagang Ayam Tutup

Dampak kenaikan harga ayam membuat pedagang di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat tutup. Kenaikan harga ayam potong sudah melebihi harga standar pasar selama 3 bulan lebih.

Baca juga : Presiden Jokowi Dan Pj Heru Tinjau Pasar Palmerah

Paguyuban pedagang ayam potong Cileungsi-Cibarusah-Jonggol mengeluh karena harga ayam di pasar kini berkisar Rp 45.000 hingga Rp 50.000.

“Yang jelas belum ada kepu­tusan kapan bisa berjualan. Hari ini kalau jadi, kalau nggak ke­mungkinan besok. Masalahnya karena harga semakin tinggi, peminatnya kurang, di pasar nggak bisa naikin,” kata salah satu pedagang ayam potong Abdul Wahab.

Baca juga : Cegah Kemacetan Parah, Angkutan Barang Dibatasi

Sebelumnya, Andri Nur Wa­hid, pedagang Pasar Baru Kota Bekasi, Jawa Barat, mengeluhkan harga ayam potong dan ikan laut yang terus merangkak naik. Kondisi ini menyebabkan omzet pedagang terus menurun lantaran sepi pembeli.

Menurutnya, kenaikan harga ayam potong berimbas pada menurunnya daya beli konsumen. Hal ini membuat lapak pedagang sepi pembeli, sehingga mengurangi pendapatan.

Baca juga : Limbah Hewan Kurban Tak Boleh Dibuang Ke Selokan

“Memang sudah mahal juga belanjanya. Makanya kita jual­nya juga agak bingung,” ujar Andri.

Untuk mengantisipasi keru­gian bertambah, Andri terpaksa mengurangi stok dagangan hingga 50 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.