Dark/Light Mode

Amerika Investasi Rp 7,5 Triliun Bangun Industri Panel Surya Di Batang, Kinerja Bahlil Diapresiasi

Selasa, 27 Juni 2023 16:33 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM Bahlil Lahadalia (Foto: Ist)
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM Bahlil Lahadalia (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Bahlil menuturkan dalam rangkaian kunjungan kerjanya di AS itu, agenda pertamanya diawali dengan melakukan pertemuan dengan SEG Solar Inc, salah satu perusahaan pemain kunci dalam industri energi surya global, PT ATW SOLAR, serta perwakilan dari Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

"Kami membahas mengenai rencana investasi dari PT SEG-ATW Solar Manufaktur Indonesia yang berencana untuk membangun fasilitas manufaktur panel surya dan modul surya berkapasitas hingga 5 GW di Indonesia, berorientasi ekspor 100 persen dengan tujuan utama ke Amerika Serikat," paparnya.

Baca juga : Peran Penting Industri Daur Ulang Terhadap Sampah Plastik Low Value

Bahlil menjelaskan, dengan total nilai investasi mencapai triliun rupiah tersebut, proyek ini tidak hanya akan membuka lapangan kerja bagi sekitar 2.000 tenaga kerja Indonesia.

Namun juga, berpotensi memberikan dorongan signifikan terhadap ekonomi daerah dan nasional.

Baca juga : Amerika Investasi Rp 7,5 Triliun Bangun Industri Panel Surya Di Batang, Ini Kata Bahlil

"Dengan komitmen dan kerja sama dari semua pihak, saya yakin kita bisa meraih manfaat maksimal dari investasi ini, baik dalam bentuk penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, maupun dalam mendukung transisi energi bersih di Indonesia," tutup Bahlil.

SEG Solar melalui perusahaan joint venture-nya dengan ATW Group dari Indonesia akan membangun fasilitas manufaktur panel surya dan modul surya berkapasitas hingga 5 Giga Watt (GW) dengan rencana total nilai investasi mencapai 500 juta dolar Amerika dan akan menciptakan lapangan kerja bagi sekitar 2.000 tenaga kerja Indonesia.

Baca juga : Kolaborasi Karier.mu dan G-Trust Bangun Angkatan Kerja Berkualitas

Sebagai informasi, Amerika Serikat menempati peringkat ke-6 negara dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia dengan total investasi 9,4 miliar dolar AS selama periode tahun 2018 hingga triwulan pertama tahun 2023. Sektor investasi paling dominan dari Amerika Serikat adalah Pertambangan.

Jasa Lainnya; Listrik, Gas dan Air; Industri Kimia dan Farmasi; serta Industri Makanan. Dari total realisasi investasi tersebut, terdapat 5.683 proyek yang berhasil menyerap tenaga kerja sebesar 82.299 orang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.