Dark/Light Mode

Gaet Penggerak Ekosistem Digital

Startup Studio Indonesia Gelar Milestone Day Batch 6

Minggu, 9 Juli 2023 18:02 WIB
Kemenkominfo melalui Startup Studio Indonesia SSI menggelar Milestone Day Batch 6. (Foto: Istimewa)
Kemenkominfo melalui Startup Studio Indonesia SSI menggelar Milestone Day Batch 6. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Startup Studio Indonesia (SSI) menggelar Milestone Day Batch 6 dengan konsep “more brainstorming, less classes” akhir pekan lalu Kegiatan ini diikuti 17 pelaku early-stage startup yang mempresentasikan program dan capaian mereka.

Melalui SSI, Kemenkominfo menargetkan untuk menghasilkan 150 startup digital pada 2024 yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya dalam skala jumlah pengguna, total pendapatan, pekerjaan, dan pendanaan dari Venture Capital.

Berdasarkan data milik Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah entrepreneur di Indonesia baru mencapai 3,47 persen dari total penduduk hingga tahun 2021 lalu.

Baca juga : Indibiz, Ekosistem Solusi Digital Dunia Usaha Indonesia

Kemenkominfo berkolaborasi dengan para penggerak ekosistem digital untuk menginisiasi lahirnya startup baru melalui SSI dengan tujuan meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan membuka kegiatan dengan kilas balik mengenai program SSI.

Dalam waktu 4 bulan, telah dilaksanakan 347 sesi coaching dengan 91 praktisi aktif yang berasal dari founder startup di Indonesia.

Baca juga : Pelajaran Politik Dari Ratu Balqis

"Setelah melalui rangkaian program, telah mencapai milestone day di mana startup terpilih akan memaparkan bisnis dan capaiannya," ujar Semuel dalam keterangannya, Sabtu (8/7).

Koordinator Program SSI Kemenkominfo Sonny Hendra Sudaryana melanjutkan kegiatan dengan berbagi success story dari SSI yang mana terdapat banyak alumni mendapatkan investor.

Menuju perjalanan itu, tidak boleh hanya menunggu mendapatkan investor, tetapi dimulai pada saat pembentukan mindset, khususnya product market fit, startup harus mampu bertahan.

Baca juga : Tingkatkan Kapasitas Startup, Universitas Trilogi Gelar Inkubasi Usaha

“Saya melihat program ini secara utuh, benar-benar mencoba mengerti keluh kesah founder. Pada akhirnya kita bisa customize dan memahami masalahnya serta mencari solusi bersama-sama,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.