Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menhub Gelar Sayembara Desain Tiga Bandara

Jumat, 13 September 2019 11:13 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menijau desain tiga bandara yang dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soetta, Jakarat, Kamis (12/9). (Foto: ist)
Menhub Budi Karya Sumadi menijau desain tiga bandara yang dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soetta, Jakarat, Kamis (12/9). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan desain terminal 3 bandara melalui proses sayembara. Kemenhub menggandeng Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) untuk menggarap keindahan bandara.

Ketiga bandara itu adalah Bandara Ngloram (Cepu), bandara di Karimun Jawa, dan bandara di Sukabumi. Hasil karya pemenang sayembara masing-masing terminal itu dipamerkan secara terbuka di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang mulai Kamis (12/9).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, proses sayembara desain bandara ini bekerja sama dengan IAI. Tujuannya memberdayakan kemampuan serta merangsang kreativitas yang lebih lagi dari arsitek-arsitek dalam negeri.

Baca juga : Kemnaker Gelar Pelatihan Pembuatan Perjanjian Kerja Bersama

"Ini cara atau proses kita menempa arsitek  yang memang sudah memiliki kemampuan dan juga merangsang kreativitas bagi arsitek yang lain dan setelah itu memberikan suatu pembelajaran bagi arsitek yang junior maupun mereka yang masih di bangku SMA," katanya seperti ditulis, Jumat (13/9).

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi menilai, hasil karya pemenang akan dipakai sebagai acuan pembangunan di 3 bandara yang sedang dan akan dibangun Kemenhub. 

Untuk Bandara Ngloram, kata Menhub, sedang dilakukan land clearing sehingga pembangunan terminal bisa segera dilakukan dan ditargetkan rampung pada akhir 2020. Adapun bandara di Karimun Jawa, lanjut Menhub, saat ini sudah ada tetapi akan dikembangkan. 

Baca juga : Tersambar Petir Gundala

Untuk itu, bangunan lama bakal diganti bangunan baru dengan hasil desain pemenang sayembara. Proses pengerjaan bandara di Karimun Jawa itu diproyeksikan tuntas pada akhir 2021.

"Untuk bandara di Sukabumi sedang proses pembebasan lahan. Tetapi ditargetkan pembangunannya selesai pada akhir 2022. Dana pembangunan ketiga bandara itu dari APBN tetapi tak menutup nanti didanai dengan skema PPP (public private partnership)," ungkapnya.

Eks Dirut Angkasa Pura ll ini mengungkapkan, sayembara desain bandara kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah tahun lalu juga dilaksanakan sayembara untuk 3 bandara berbeda. Tahun depan, Kemenhub bakal kembali mengadakan sayembara desain bandara, terutama untuk bandara-bandara di wilayah Papua.

Baca juga : Menhan Sebut Ada Pemberontak Di Papua Yang Serukan Jihad

"Tahun lalu sayembara 3 bandara, tahun ini 3 bandara. Tahun depan mungkin ada beberapa di Papua, ada di Fakfak dan Nabire. Kita bangun juga, sekarang lagi penyelesaian tanah, tahun depan kita mulai dengan sayembara bangunan," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.