Dark/Light Mode

Waspadai Project S Hantam Produk UMKM, Teten Minta TikTok Shop Jangan Bohong !

Rabu, 12 Juli 2023 17:10 WIB
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki turut mewaspadai dan mengantisipasi upaya TikTok Shop yang disinyalir melakukan upaya bisnis lintas batas (crossborder) produk impor dari China masuk ke Indonesia, seperti yang terjadi di Inggris.

Baca juga : Endar Kembali, Proses Seleksi Jabatan Dirlidik KPK Tetap Jalan

TikTok Shop sambung Teten, punya kemampuan membuat algoritma yang bisa mengubah behaviour konsumen yang tadinya tidak mau belanja, atau hanya sekadar melihat media sosial (medsos) menjadi ingin belanja.

Baca juga : Ramai Curhatan Penjual Di TikTok Kena Shadowban, Kenapa Bisa Terjadi?

Bahkan bisa diarahkan untuk belanja produk yang mereka bawa. Karena TikTok menyatukan antara media sosial cross border dengan ritel online.

Baca juga : Tito Minta Pemda Fokus Program Pembangunan

“Hari ini saja meskipun UMKM sudah 21 juta terhubung ke sistem digital, yang dijual online ini sudah mayoritas produk China. Sehingga kalau ini tidak segera kita antisipasi lewat kebijakan yang tepat di Kementerian Perdagangan (Kemendag), menurut saya nanti market digital kita akan didominasi oleh produk-produk China,” ujarnya kepada wartawan usai perayaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Jakarta, Rabu (12/7).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.