Dark/Light Mode

Demi Indonesia Emas 2045

Pembangunan Digeber, Regulasi Ditransformasi

Jumat, 21 Juli 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto saat keynote speech mewakili Presiden Jokowi pada acara Indonesia Data and Economic (IDE) Katadata 2023 di Jakarta, kemarin. (Foto: ekon.go.id)
Menteri Koordinator (Men­ko) Bidang Perekonomian Air­langga Hartarto saat keynote speech mewakili Presiden Jokowi pada acara Indonesia Data and Economic (IDE) Katadata 2023 di Jakarta, kemarin. (Foto: ekon.go.id)

 Sebelumnya 
Pemerintah juga terus mengoptimalkan pemanfaatan peluang bonus demografi, dengan menyiapkan generasi muda sebagai digital native agar mampu ber­daya saing dan relevan. Sesuai dengan kebutuhan industri serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Upaya peningkatan kualitas SDM tersebut telah direalisasi­kan Pemerintah. Antara lain melalui Program Kartu Prakerja, yang sejak 2020 telah memberi­kan manfaat pelatihan kepada 17,7 juta peserta.

Indonesia juga memiliki ke­unggulan pada Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah seperti cadangan mineral yang sangat besar.

Baca juga : Dibantu Korsel, NPC Indonesia Segera Bangun Pusat Latihan Cabor Disabilitas

“Pemerintah telah berkomit­men meningkatkan hilirisasi komoditas unggulan, agar daya saing komoditas domestik terus berkembang,” jelas Airlangga.

Ke depannya, Pemerintah akan terus berupaya memper­luas cakupan dan memperdalam proses hilirisasi tersebut, hingga produk-produk yang dapat me­menuhi kebutuhan industri dan rumah tangga domestik maupun global.

Selain itu, Pemerintah juga menggencarkan pembangunan infrastruktur yang dirancang secara komprehensif melalui berbagai Program dan Proyek Strategis Nasional (PSN) di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : Dubes Prancis Untuk Indonesia Fabien Penone Dalami Potensi Kerja Sama Ekonomi Di Kota Pahlawan

“Hingga kini telah mencapai 156 PSNdalam 8 tahun terakhir dengan investasi mencapai Rp 1.080,2 triliun,” ungkap eks anggota DPRini.

Seiring dengan berbagai upaya Pemerintah tersebut, Airlangga juga mendorong keterlibatan stakeholders berperan aktif da­lam mewujudkan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.

Caranya, dengan menjaga stabilitas bangsa, mendukung hilirisasi industri, menerapkan teknologi digital, berpartisipasi meningkatkan kapasitas SDM dan mempersiapkan diri memenuhi SDM critical dan high-skilled.

Baca juga : Kejar Indonesia Emas 2045, BNPT Perkuat Ketahanan Generasi Muda Dari Radikalisme

“Tentu kerja sama dengan sosial media dan media massa juga menjadi penting, agar kita bisa membangun optimisme ke depan,” katanya.  

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 21/7/2023 dengan judul Demi Indonesia Emas 2045, Pembangunan Digeber, Regulasi Ditransformasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.