Dark/Light Mode

Menteri Teten: Kampus Harus Jadi Pabrik Entrepreneur, Cetak Wirausaha

Sabtu, 29 Juli 2023 19:01 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) di acara Ikatan Alumni IA UPN Veteran Yogyakarta UPNVY. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) di acara Ikatan Alumni IA UPN Veteran Yogyakarta UPNVY. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki terus mendorong perguruan tinggi termasuk Ikatan Alumni (IA) UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) untuk menjadi ‘Pabrik Entrepreneur’ yang mampu mencetak wirausaha sekaligus melahirkan inovasi dan ide baru dalam dunia bisnis.

Dengan begitu, diharapkan lebih banyak entrepreneur dicetak dari perguruan tinggi.

Teten mengatakan, berbagai peluang dalam industri 5.0 ada di tangan anak muda. Begitupun dengan potensi ekonomi digital yang besar dimana 41 persen total transaksi ekonomi digital di ASEAN berasal dari Indonesia.

Baca juga : Menteri Teten: Revitalisasi Pasar Tradisional Dongkrak Transformasi Digital UMKM

"Peluang lainnya yaitu tingginya minat pelaku UMKM untuk mempraktikkan bisnis hijau atau ramah lingkungan yang mencapai 94-95 persen," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (29/7).

Sejalan dengan itu, untuk pertama kalinya Indonesia memiliki instrumen kebijakan yang kuat, dalam hal ini Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Kewirausahaan Nasional.

Artinya, target meningkatkan kewirausahaan nasional telah menjadi prioritas utama seluruh komponen bangsa.

Baca juga : Menteri Teten: Tren Custom Fashion Jadi Peluang UMKM Lokal

“Karena itulah, peran kampus dan alumninya sangat strategis untuk bersama pemerintah terus mendorong dan mendampingi generasi muda menjadi wirausaha sukses,” tegas Teten.

Berdasarkan data BPS, 64 persen penduduk Indonesia adalah anak muda. Selain itu 73 persen anak muda Indonesia berminat berwirausaha sebagaimana riset SMERU pada 2022.

Sebesar 81persen anak muda (17 sampai 35 tahun) tertarik menjalankan bisnis ramah lingkungan sesuai survei Indikator 2021.

Baca juga : Menteri Teten : UMKM Masih Dipersulit Agunan, Perbankan Harus Beri Kemudahan Pembiayaan

Teten mengatakan, Pemerintah secara konsisten terus memperbaiki ekosistem UMKM dan koperasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.