Dark/Light Mode

Menteri Teten: Kampus Harus Jadi Pabrik Entrepreneur, Cetak Wirausaha

Sabtu, 29 Juli 2023 19:01 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) di acara Ikatan Alumni IA UPN Veteran Yogyakarta UPNVY. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (ketiga kiri) di acara Ikatan Alumni IA UPN Veteran Yogyakarta UPNVY. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
“Saat ini, pendataan UMKM dan koperasi kita sudah jauh lebih baik. Tahun 2024 targetnya sebanyak 65 juta UMKM terekam ke dalam data base yang akan memudahkan pendampingan," katanya.

Baca juga : Menteri Teten: Revitalisasi Pasar Tradisional Dongkrak Transformasi Digital UMKM

Dari sisi pembiayaan, anggaran kredit KUR terus ditingkatkan setiap tahunnya. Di mana tahun 2023 alokasi KUR mencapai Rp 450 triliun, jauh lebih besar dari tahun 2022 yang sebesar Rp 365 triliun.

Baca juga : Menteri Teten: Tren Custom Fashion Jadi Peluang UMKM Lokal

Kemudian partisipasi UMKM di pasar digital juga memberikan gambaran yang baik dimana saat ini sudah mencapai 22 juta UMKM yang terhubung ke pasar digital, sebelumnya saat pandemi hanya 8 juta dan target di 2024 adalah 30 juta.

Baca juga : Menteri Teten : UMKM Masih Dipersulit Agunan, Perbankan Harus Beri Kemudahan Pembiayaan

“Saya berharap, semoga acara Forum Bisnis Ikatan Alumni UPN Veteran Yogyakarta 2023 berjalan dengan lancar sebagai sumbangsih Kewirausahaan dan UMKM sebagai pilar dalam memajukan perekonomian Indonesia ke depannya," pungkas Teten. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.