Dark/Light Mode

Akuisisi 35% Kepemilikan Shell Di Blok Masela

Pertamina Perkuat Back-up Jalan Menuju Energi Bersih

Rabu, 2 Agustus 2023 07:20 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Dok. Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Dok. Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Pertamina mengakuisisi kepemilikan Shell Upstream Overseas Services Limited (SUOS) di Blok Masela, dinilai memberikan banyak dampak positif terhadap pengembangan energi di dalam negeri. Salah satunya, memperkuat ketahanan energi.

Langkah Pertamina terse­but, menjadi sinyal positif bagi ketahanan energi nasional, terutama terhadap cadangan gas.

Blok Masela merupakan lapangan minyak dan gas terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Yang secara geografis berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

Baca juga : Pertamina Gerak Cepat Pasok Gas Elpiji 3 Kilo

Terkait hal tersebut, Pertamina melalui Subholding Upstream yaitu PT Pertamina Hulu Energi (PHE), telah menandatangani perjanjian jual beli untuk akui­sisi kepemilikan SUOS di Blok Masela. Di sini, PHE yang bekerja sama dengan Petronas melalui Petronas Masela Sdn Bhd (Petronas Masela).

Dari 35 persen tersebut, PHE akan mengelola 20 persen dari kepemilikan tersebut dan 15 persen akan dikelola Petronas Masela.

Menyoal ini, Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Ko­maidi Notonegoro mengatakan, langkah yang diambil Pertamina merupakan hal yang sangat positif dari berbagai aspek. Pasal­nya, selama ini memang agak kesulitan mencari pengganti Shell yang menjadi pemegang hak partisipasi bersama Inpex.

Baca juga : Teken Kerja Sama EBT, Pertamina NRE Perkuat Kolaborasi Transisi Energi

Bahkan, menurutnya, keuntungan akuisisi tidak hanya dirasakan Pertamina saja. Sebab bagi perusahaan minyak asal Inggris itu, akuisisi tersebut membuat mereka punya opsi untuk reinvestasi di tempat lain. Baik di Indonesia maupun di portofolio lainnya.

Shell juga punya kesempatan untuk mengembangkan bisnis hilirnya, termasuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Artinya ada solusi (positif) bagi Shell dan Indonesia secara keseluruhan,” kata Komaidi ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.