Dark/Light Mode

Akuisisi 35% Kepemilikan Shell Di Blok Masela

Pertamina Perkuat Back-up Jalan Menuju Energi Bersih

Rabu, 2 Agustus 2023 07:20 WIB
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Dok. Pertamina)
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. (Foto: Dok. Pertamina)

 Sebelumnya 
Komaidi mengisahkan, keinginan akuisisi ini sempat ter­tunda lama. Dengan masuknya Pertamina, menjadi sinyal positif dan menjawab kegamangan atau keputusan yang sempat terkatung-katung bagi semua pihak soal kelanjutan pengelolaan Blok Masela yang merupakan Proyek Strategi Nasional (PSN) ini.

Menurut Komaidi, yang perlu dipastikan adalah kewajaran aspek bisnis bagi semua pihak, terutama bagi Pertamina mau­pun Pertonas.

Baca juga : Pertamina Gerak Cepat Pasok Gas Elpiji 3 Kilo

“Harus dipastikan bahwa investasinya menjadi investasi yang layak, sehingga bisa men­jadi preseden yang positif untuk industri hulu migas nasional,” imbaunya.

Selain itu, Komaidi melihat dari aspek ketahanan energi nasional yang dinilainya juga akan berdampak positif. Dengan tren transisi energi dan pengu­rangan fosil di batu bara dan minyak, sumber daya gas ini bisa menjadi back-up ketika Energi Baru Terbarukan (EBT) belum terpenuhi secara maksimal.

Baca juga : Teken Kerja Sama EBT, Pertamina NRE Perkuat Kolaborasi Transisi Energi

Mengingat gas merupakan kelompok energi fosil, yang emisinya paling rendah dibanding dengan jenis fosil lain seperti batu bara dan minyak, se­hingga gas yang dikembangkan, merupakan pilihan yang tepat. Pengelolaan energi gas ini, te­gas Komaidi, menjadi jembatan menuju transisi energi.

Selanjutnya dari aspek bahan baku, juga diperlukan untuk energi petrokimia, pupuk mau­pun industri lain.

Baca juga : Hadiri AIWW Ke 3 Di Korsel, Ini Tiga Pesan Penting Menteri PUPR

Dia pun meyakini, ke depan gas akan semakin banyak diperlukan, sehingga jika Blok Masela dikembangkan, aspek strategisnya banyak sekali.

“Bakal banyak manfaat yang didapat, termasuk dari aspek ketahanan energi dan ekonomi nasional,” kata Komaidi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.