Dark/Light Mode

PPPOMN Si Transformer Dari Badan POM

Senin, 7 Agustus 2023 10:15 WIB
PPPOMN. (Foto: Ist)
PPPOMN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hampir semua dari kita pasti terpukau saat menonton film Transformer, umumnya adalah saat adegan robot di film itu ber-transformasi dari robot menjadi mobil, truk, pesawat atau sebaliknya saat berubah menjadi robot kembali. 

Yang membuat keren juga adalah kemampuan robot-robot tersebut saat bertarung dimana mereka bisa terbang, mengeluarkan berbagai macam senjata, bahkan mereka bisa bergabung untuk menjadi lebih kuat. Namun timbul pertanyaan adakah Transformer di dunia pekerjaan? Dalam hal ini yang dimaksud adalah seseorang atau organisasi yang mempunyai karakteristik yang disebutkan di atas. 

Ternyata di dunia kerja nyata, lebih spesifiknya di instansi Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) terdapat unit kerja yang memiliki keunikan seperti pada film Transformer. Unit kerja dimaksud adalah Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN). PPPOMN adalah laboratorium di Badan POM yang bertanggungjawab mengembangkan metode pengujian untuk pengawasan obat dan makanan. 

Apa sajakah persamaan antara PPPOMN dan Transformer? Yang pertama adalah penggunaan teknologi tinggi. Seperti halnya robot fiksi yang secara visual menggunakan teknologi yang mutakhir, kenyataannya PPPOMN telah menggunakan instrumen canggih dalam menjalankan tugasnya. 

Baca juga : Salah Transfer, Terima Gaji 367 Kali Lipat

Instrumen-instrumen pengujian canggih tersebut juga di dalamnya terdiri dari perangkat elektronik dan mekanik juga memiliki detail seperti halnya robot yang sesungguhnya untuk menghasilkan pengujian yang akurat, presisi, cepat, dan mengurangi beban kerja manusia, apalagi ke depannya PPPOMN juga mengembangkan konsep digitalisasi laboratorium.

Persamaan kedua adalah kemampuan bertransformasi sesuai kebutuhan. Seperti halnya daya tarik film yang disutradarai Michael Bay, PPPOMN memiliki berbagai fungsi dan dapat bertransformasi sesuai kebutuhan organisasi. 

Selain mengembangkan metode, PPPOMN juga dapat berfungsi sebagai laboratorium pengujian yang hasilnya dibutuhkan sebagai dasar penentuan kebijakan ataupun penegakan hukum saat ditengarai adanya kasus terkait produk obat dan makanan. PPPOMN juga dapat memiliki peran sebagai pembina dengan memberikan pedoman dan pengajaran bagi laboratorium BPOM di daerah. Dari sisi jaminan mutu, PPPOMN juga telah diakui kapasitasnya sebagai penyedia baku pembanding yang dibuktikan dengan akreditasi ISO 17034.

Yang ketiga adalah adegan action pada film yang menggunakan berbagai macam senjata, maka analoginya PPPOMN menawarkan berbagai terobosan dan inovasi yang bermanfaat bagi internal maupun eksternal. Bentuk inovasi PPPOMN di antaranya adalah Infalabs (Indonesian FDA Laboratory Services) merupakan website yang menjadi media penyedia berbagai layanan PPPOMN untuk pihak internal dan eksternal. 

Baca juga : BPIP: Seleksi Paskibraka Transparan Dan Bukan Titipan

Inovasi lain adalah aplikasi Lot Release Vaksin yang berfungsi untuk mempercepat proses evaluasi vaksin sebelum dapat diedarkan. Untuk pihak internal BPOM, PPPOMN juga memiliki yang disebut SIMA (Sistem Informasi Metode Analisis) yang berbasis website dengan tujuan memudahkan sharing metode yang digunakan internal laboratorium BPOM.

Selanjutnya kesamaan karakter film Transformer dan PPPOMN adalah semangat pantang menyerah. Jika sebagian unit kerja atau perusahaan mungkin mengalami kesulitan untuk menjalankan kinerjanya saat pandemi Covid-19, tetapi sebaliknya PPPOMN tidak menyerah dengan tantangan dan kendala saat itu. 

Dengan berbagai strategi, PPPOMN tetap dapat berkontribusi sebagaimana mestinya, bahkan PPPOMN dengan Laboratorium Biohazard-nya juga menjadi pelopor pengujian spesimen Covid-19 di Badan POM dengan tujuan mendukung pemerintah untuk penanggulangan pandemi saat itu.

Aspek persamaan terakhir adalah jika di film, robot-robot dapat bersatu untuk meningkatkan kekuatannya maka PPPOMN dengan tindakan konkrit telah berkolaborasi dengan berbagai pihak meliputi sesama instansi pemerintah, akademisi, swasta, dalam negeri, maupun luar negeri di tingkat regional ASEAN maupun global dengan tujuan penguatan kemampuan laboratorium dalam pengawasan obat dan makanan. 

Baca juga : PSG Tolak Madrid Bayar Cicil Mbappe

Contoh jejaring melibatkan PPPOMN di antaranya Jejaring Laboratorium Pengujian Pangan Indonesia (JLPPI), Jejaring Laboratorium Kosmetik Indonesia (JLKI), ASEAN Pharmaceutical Testing Laboratory Committee (APTLC), ASEAN Cosmetic Testing Laboratory Committee (ACTLC), ASEAN Food Reference Laboratory (AFRL).

Sebagai penutup, mungkin agak berlebihan membandingkan film transformer yang fiksi dengan PPPOMN di dunia nyata, tetapi berdasarkan kamus Oxford  kata transformer dapat diartikan sebagai seseorang atau sesuatu yang telah melakukan perubahan atau dengan kata lain yaitu “Agen Perubahan”. 

Tanpa membandingkan dengan film, berdasarkan fakta yang ada PPPOMN telah menjadi Agent of Change di Badan POM, yang dapat beradaptasi dengan perubahan jaman serta senantisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Jika film transformer selalu berlanjut dan semakin menarik sekuelnya, pada kondisi nyata PPPOMN juga akan terus berupaya melakukan pelayanan prima dan continuous improvement demi kontribusi pengawasan obat dan makanan yang aman dan bermutu di negeri ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.