Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

CIMB Niaga Optimalisasi Pembayaran Cross-border WNA Di Indonesia

Selasa, 8 Agustus 2023 17:07 WIB
CIMB Niaga Optimalisasi Pembayaran Cross-border WNA Di Indonesia

 Sebelumnya 
Layanan tersebut bisa dinikmati di merchant-merchant mitra CIMB Niaga di berbagai daerah, khususnya area wisata seperti Jakarta, Surabaya, Lombok, Yogyakarta, dan Bali serta wilayah para ekspatriat antara lain Morowali, Sulawesi Tengah.

Adapun Kartu Debit dan Kartu Kredit yang bisa digunakan untuk transaksi cross-border di jaringan merchant mitra CIMB Niaga yaitu Kartu Debit dan Kartu Kredit berlogo VISA, Mastercard, dan JCB.

Sedangkan, untuk transaksi menggunakan QR, saat ini CIMB Niaga dapat menerima dua metode pembayaran.

Pertama, transaksi pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Cross-Border khusus bagi WNA dari Thailand dan Malaysia.

Baca juga : Ini Evaluasi PBSI Terhadap Ganda Putri Indonesia

Hal ini dimungkinkan seiring kerja sama QRIS cross-border antara Bank Indonesia (BI) dengan Bank of Thailand (BoT) dan Bank Negara Malaysia (BNM) beberapa waktu lalu.

CIMB Niaga merupakan salah satu bank pertama yang mengimplementasikan QRIS cross-border tersebut. Transaksi menggunakan QR yang kedua yaitu QR cross-border untuk WNA dari Tiongkok pengguna dompet digital Wechat Pay dan Alipay.

Saat ini CIMB Niaga tercatat sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang dapat melayani pembayaran dari dua dompet digital tersebut.

Dikatakan Noviady, implementasi transaksi ini dapat dilakukan atas kerja sama CIMB Niaga dengan Weixin Pay selaku pemilik aplikasi WeChat Pay dan Alipay.com Co., Ltd selaku pemilik aplikasi Alipay, serta Arash Digital (Jakarta) dan Swiftpass Global Limited (Shenzhen) sebagai technical service provider.

Baca juga : UBS Gold Persembahkan Mahkota Miss Universe Indonesia 2023

“Kami senang bisa melayani pembayaran cross border bagi para WNA Tiongkok, khususnya wisatawan dan tenaga kerja pengguna Alipay dan WeChat Pay yang tengah berada di Indonesia,” ujarnya.

Noviady menambahkan, untuk memperluas ketersediaan layanan tersebut, CIMB Niaga juga akan meningkatkan sosialisasi dan akuisisi merchant, utamanya kepada para penyedia produk dan jasa terkait wisata seperti hotel, restoran, hingga pedagang souvenir.

Sebagai informasi, per 30 Juni 2023 pertumbuhan transaksi QR cross-border yang dilayani CIMB Niaga mencapai 242 persen secara year on year (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Sejalan dengan makin luasnya penerimaan pembayaran berbasis QR dan bangkitnya kembali pariwisata di Indonesia, CIMB Niaga optimistis transaksi QR cross-border di merchant mitra CIMB Niaga juga akan terus meningkat.

Baca juga : Perusahaan Sensor Dan Otomasi Jerman Hadir Sukseskan Making Indonesia 4.0

Hal ini tentunya akan berkontribusi memberikan devisa bagi Indonesia sekaligus meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di daerah wisata. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.