Dark/Light Mode

BRI Nangkring Di 4 Besar Fortune Indonesia 100

Erick: BUMN Berhasil Jalankan Transformasi

Senin, 14 Agustus 2023 07:25 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masuk dalam 10 perusahaan teratas daftar Fortune Indonesia 100 terbaru. Capaian ini diyakini buah hasil program transformasi yang berhasil dijalankan perusahaan pelat merah tersebut.

BRI adalah perusahaan dari industri perbankan yang men­duduki posisi tertinggi di antara bank lainnya. Sedangkan jika dilihat dari seluruh industri, BRI menempati peringkat 4.

Baca juga : BUMN Dominasi 5 Besar Fortune Indonesia 100, Erick Acungkan Jempol

Sebagai bank terbesar di Indo­nesia, tercatat pendapatan BRI mencapai Rp 208,1 triliun pada 2022. Selain pendapatan, data yang dirilis Fortune juga me­nampilkan laba BRI sepanjang 2022, yakni sebesar Rp 51,7 triliun, dengan aset mencapai Rp 1.865 triliun, dan ekuitas mencapai Rp 299,2 triliun.

Dari sisi kinerja harga saham, pada penutupan perdagangan Jumat (11/8) BBRI telah berada di level Rp 5.650, atau telah meningkat 14,37 persen apabila dibandingkan dengan penutupan harga tahun 2022 lalu. Dengan peningkatan tersebut, kapital­isasi pasar BRI menjadi Rp 856,31 triliun.

Baca juga : Ukraina Dan Barat Gagal Jalani Kesepakatan Istanbul

Terkait hal ini, Editor-in-Chief Fortune Indonesia Hendra Soe­prajitno mengatakan, peringkat yang dipublikasikan tersebut merupakan hasil kurasi tim Fortune Indonesia atas laporan keuangan tahun fiskal 2022 dari ratusan perusahaan terbuka dan tertutup.

“Bertepatan di usianya yang kedua, Fortune Indonesia kem­bali merilis daftar Fortune Indo­nesia 100 untuk ketiga kalinya. Metodologi yang digunakan bersifat pasti dan terukur,” ujar Hendra dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (9/8).

Baca juga : Tidak Menghilangkan Daya Jihad Agama

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan rasa terima kasih dan apresiasinya atas penghar­gaan yang disematkan kepada BRI. “Hal ini tak terlepas dari kinerja seluruh Insan BRILian. Keberhasilan ini menjadi pelecut semangat bagi BRI untuk berkontribusi optimal dan menciptakan hasil yang lebih baik lagi,” tutur Sunarso dalam rilis resminya, kemarin.

Menurutnya, selama ini BRI sudah menyiapkan sejumlah strategi utama untuk meneruskan capaian positif. Sementara untuk menjaga profitabilitas, BRI fokus pada pinjaman dengan yield yang tinggi, yakni segmen mikro dan consumer loan. Serta men­ingkatkan efisiensi melalui pen­ingkatan dana murah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.