Dark/Light Mode

BRI Nangkring Di 4 Besar Fortune Indonesia 100

Erick: BUMN Berhasil Jalankan Transformasi

Senin, 14 Agustus 2023 07:25 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)

 Sebelumnya 
Melalui penerapan Good Cor­porate Governance (GCG) yang baik, imbuh Sunarso, BRI akan terus fokus di segmen UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Me­nengah), utamanya mikro dan ultra mikro. “Dengan menggunakan cara-cara yang efisien, kami yakin value yang dicipta­kan mampu berputar semakin besar dan menghasilkan value creation kepada seluruh stake­holders,” tutup Sunarso.

Pengamat BUMN Universitas Indonesia (UI) Toto Pranoto me­muji keberhasilan BUMN yang masuk dalam daftar Fortune Indonesia 100.

Baca juga : BUMN Dominasi 5 Besar Fortune Indonesia 100, Erick Acungkan Jempol

Dia berpendapat, keberhasilan perusahaan pelat merah tersebut erat kaitannya dengan pemben­tukan induk (holding) BUMN berbasis kualitas. Karenanya, ia menyarankan upaya Menteri Erick itu harus terus dilanjutkan, khususnya jika Pemerintah ingin memperbaiki kinerja BUMN pada umumnya. Ini agar transisi kepada pemerintahan berikutnya bisa berlangsung mulus.

“Dengan pembentukan holding, maka bisa terjadi pen­ingkatan nilai (value). Strategi ke depan kepada seluruh peru­sahaan dan anak usaha, bukan lagi soal kuantitas namun lebih kepada kualitas,” ujar Toto kepa­da Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Ukraina Dan Barat Gagal Jalani Kesepakatan Istanbul

Ia menegaskan, saat ini, per­tumbuhan BUMN bukan lagi bicara seputar berapa banyak holding yang akan dibentuk, tetapi bagaimana menciptakan nilai (value creation) agar lebih baik, sehingga daya saing bisa meningkat.

“Saat ini ada 100 BUMN (sebagian sudah menjadi anak BUMN karena proses holding atau bergabung jadi satu karena merger). Dari jumlah itu terdapat 25 BUMN pada posisi teratas, yang mampu menghasil­kan lebih dari 85 persen total pendapatan dan laba dari seluruh BUMN,” jelasnya.

Baca juga : Tidak Menghilangkan Daya Jihad Agama

Bukan cuma itu, Toto melihat proses pengawasan dan evaluasi BUMN yang dilakukan Kemen­terian BUMN saat ini sudah baik. Begitu pula pengawasan dan evaluasi atas seluruh proyek infrastruktur, termasuk di sektor transportasi.

Ia mengatakan, langkah terse­but dalam rangka menjamin transparansi, serta kesesuaian proyek tersebut, sehingga dapat segera beroperasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus memberikan efek berganda besar terhadap per­ekonomian.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.