Dark/Light Mode

BRI Nangkring Di 4 Besar Fortune Indonesia 100

Erick: BUMN Berhasil Jalankan Transformasi

Senin, 14 Agustus 2023 07:25 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir. (ANTARA/HO-Kementerian BUMN)

 Sebelumnya 
Peringkat Teratas

Menteri BUMN Erick Thohir mengacungkan jempol atas ca­paian perusahaan pelat merah, yang berhasil menduduki 7 peringkat teratas dalam Fortune Indonesia 100.

Ia bilang, capaian itu meru­pakan apresiasi atas keberhasilan transformasi BUMN, yang terus bergerak ke arah yang lebih baik.

Baca juga : BUMN Dominasi 5 Besar Fortune Indonesia 100, Erick Acungkan Jempol

“Alhamdulillah, kalau kita lihat, dari 10 besar, BUMN-nya ada tujuh. Ini hal yang luar biasa dan patut mendapatkan apresiasi,” ujar Erick di Jakarta, Kamis (10/8).

Data Fortune Indonesia 100 terbaru menyebut, Pertamina berada di peringkat teratas dengan pendapatan Rp 1.323 triliun. Disusul PLN (Rp 441 triliun) di peringkat 2. Sedangkan ranking 3 diraih non BUMN, yaitu Astra Internasional (Rp 233 triliun), BRI (Rp 208 triliun) di posisi 4, Mandiri (Rp 161 triliun) di uru­tan 5, Telkom (Rp 147 triliun) di posisi 6, dan MIND ID (Rp 126 triliun) menempati ranking 7.

Jika ditotal, ada 18 BUMN yang masuk dalam 100 peru­sahaan terbesar di Indonesia. Hampir separuh dari total penda­patan Fortune Indonesia 100 itu berasal dari BUMN.

Baca juga : Ukraina Dan Barat Gagal Jalani Kesepakatan Istanbul

“Ini menjadi bukti bahwa ker­ja keras direksi, komisaris, dan seluruh insan BUMN membawa hasil yang positif bagi kinerja BUMN,” ucap Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini.

Erick juga bersyukur, sejum­lah langkah transformasi, baik dari sisi perubahan model bisnis, holdingisasi, hingga inovasi, berhasil membawa pertumbuhan yang signifikan bagi BUMN. Dengan begitu, BUMN dapat se­makin berkontribusi bagi negara dan masyarakat.

“Ini sesuai dengan komitmen awal kita, BUMN harus sehat. Harapannya, BUMN bisa mengoptimalkan pertumbuhan untuk program-program kerakyatan, termasuk membuka lapangan kerja,” pungkas mantan bos klub Inter Milan.

Baca juga : Tidak Menghilangkan Daya Jihad Agama

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 14/8/2023 dengan judul BRI Nangkring Di 4 Besar Fortune Indonesia 100, Erick: BUMN Berhasil Jalankan Transformasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.