Dark/Light Mode

Menuju Indonesia Emas 2045

Kolaborasi BUMN Dan Swasta Kunci Kebangkitan Ekonomi

Selasa, 15 Agustus 2023 06:45 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dalam Forum Sinergi BUMN-Swasta di Jakarta, kemarin. Kolaborasi swasta dan BUMN dianggap kunci kebangkitan ekonomi Indonesia. (Foto: dok. Kadin Indonesia)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri) dan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dalam Forum Sinergi BUMN-Swasta di Jakarta, kemarin. Kolaborasi swasta dan BUMN dianggap kunci kebangkitan ekonomi Indonesia. (Foto: dok. Kadin Indonesia)

 Sebelumnya 
Melihat itu, maka optimalisasi kolaborasi harus terus terjalin agar seluruh pihak dapat menjalankan dan mengembangkan demokrasi ekonomi secara sinergis.

“BUM harus menjadi pelopor dalam sektor yang belum di­minati oleh swasta dan mem­bantu pengembangan ekonomi masyarakat,” imbuh Arsjad.

Di acara yang sama, Erick me­maparkan transformasi BUMN dalam beberapa tahun terakhir terus mendorong kinerja BUMNyang semakin solid.

Baca juga : Ukraina Dan Barat Gagal Jalani Kesepakatan Istanbul

Sebagaimana tercermin pada pertumbuhan laba BUMN di tahun 2022 sebesar Rp 250 triliun (mengeluarkan laba one-off restrukturisasi Garuda), tum­buh 100 persen dari laba 2021 sebesar Rp 125 triliun.

Kenaikan laba ini berdampak pada peningkatan kontribusi BUMN terhadap Indonesia yang tercermin dari komitmen kontribusi dividen yang telah menyentuh Rp 80,6 triliun, kontribusi terhadap pajak sebesar Rp 278 triliun.

Dan kapitalisasi pasar BUMN yang terus naik hingga Rp 2.201 triliun pada 2022.

Baca juga : NEC Indonesia Dan PIDI 4.0 Kolaborasi Kembangkan SDM Industri

Selain itu, BUMN yang punya peran sebagai agen pembangunan juga mengerjakan proyek-proyek strategis nasional yang dampak­nya dapat dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat.

“Namun, kita tidak bisa ber­puas diri. Karena itu, untuk meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia, BUMN perlu mengoptimalkan sinergi dengan swasta termasuk UMKM,” kata Erick.

Apalagi, kolaborasi yang kuat antara BUMN dan swasta telah terbukti sebagai motor peng­gerak utama dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Baca juga : Moeldoko: Indonesia Butuh Pemuda Punya Kematangan Emosional

Melalui kerja sama yang siner­gis dan terarah, BUMN dan sek­tor swasta mampu menciptakan dampak positif yang berkelan­jutan, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan mem­berikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan nasional.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.