Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selidiki Data Penumpang Bocor, Lion Air Terus Kerja Sama Dengan Kominfo

Jumat, 20 September 2019 10:10 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga saat ini, Lion Air masih berkoordinasi dan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta berbagai pihak lainnya dalam rangka proses penyelidikan, terkait bocornya data penumpang maskapai anggota grup tersebut.

"Kami juga berkoordinasi dengan vendor sebagai mitra kerja sama sesuai perjanjian. Data penumpang dinyatakan aman," ujar Corporate Communications Stategic, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/9).  

Baca juga : Kasus Bocorannya Data Penumpang Lion Harus Disikapi Serius

Ia menambahkan, jika ada bukti mengenai kebocoran data, Lion Air Group akan segera dilakukan langkah-langkah sesuai ketentuan.  

Maskapai Lion Air Group sudah melaporkan atas kejadian dimaksud ke pihak berwajib menurut masing-masing negara yakni Lion Air (kode penerbangan JT), Batik Air (kode penerbangan ID) dan Wings Air (kode penerbangan IW) di Indonesia; Malindo Air (kode penerbangan OD) di Malaysia dan Thai Lion Air (kode penerbangan SL) di Thailand.  

Baca juga : Data Penumpang Malindo Air Bocor, Pelanggan Malindo Miles Diminta Ganti Password

"Operator Lion Air Group di Indonesia telah melakukan tindakan tepat dan cepat menurut Peraturan No. 20 tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik (Peraturan Perlindungan Data), dalam rangka memastikan bahwa data para tamu tidak terganggu," jelas Danang.  

"Kami tidak menyimpan secara detail mengenai pembayaran dari tamu atau penumpang ke dalam server. Kami tidak mempunyai data-data yang berhubungan pembayaran penumpang. Data yang tersebar bukan data pembayaran (finansial) dari penumpang," imbuhnya.

Baca juga : Hadapi Era Digital, Pengusaha Harus Perkuat Strategi Komunikasi

Dalam upaya pencegahan lebih awal (tindakan preventif) dan lebih menjamin tingkat keamanan, kepada seluruh tamu atau penumpang yang memiliki akun Miles untuk segera mengubah kata sandi (to change their passwords). Terutama, jika kata sandi digunakan sama pada layanan yang lain secara online. [HES]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.