Dark/Light Mode

Pasca Diputus Pailit

Istaka Karya Lego Aset Untuk Bayar Utang...

Minggu, 27 Agustus 2023 07:30 WIB
Istaka Karya. (Foto: dok. Kementerian BUMN)
Istaka Karya. (Foto: dok. Kementerian BUMN)

 Sebelumnya 
Lolos Jeratan Pailit

Diketahui, ancaman pailit juga hampir menjerat BUMN Karya lainnya yaitu PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Namun akhirnya Waskita Karya berhasil lolos dari jeratan kepailitan melalui skema Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Majelis Hakim Ketua Penga­dilan Negeri Jakarta Pusat telah memutuskan untuk menolak permohonan PKPU.

Baca juga : KPK Sebut Politik Uang Marak Karena 50 Persen Masyarakat Belum Sejahtera

Sidang putusan ini berlangsung di PN Jakarta Pusat pada Kamis (24/8). Ditolaknya permohonan PKPU Waskita Karya membuat BUMN Karya berkode saham WSKT itu terbebas dari anca­man pailit.

“Menolak Permohonan Pemo­hon PKPU. Dua, menghukum Para Pemohon PKPU untuk mem­bayar biaya perkara sebesar Rp 2.520.000,” bunyi putusan yang dibacakan Majelis Hakim Ketua, di PN Jakarta Pusat, Jumat (25/8).

Waskita Karya memiliki utang kepada pemohon PKPU kali ini atas nama Donny Hartanto Las­mana sebesar Rp 5 miliar. Donny merupakan salah satu pemegang obligasi Berkelanjutan III Tahap II Tahun 2018.

Baca juga : Rayakan Dies Natalis Ke-37, Ini Pesan Wapres Untuk Unija Sumenep

Gugatan atas Waskita didaf­tarkan pada 26 Juni 2023 lalu, dengan nomor perkara 185/Pdt.Sus-PKPU/2023/PN Niaga Jkt.Pst. Sidang pertama persoalan ini dimulai pada 11 Juli 2023, hing­ga akhirnya diambil keputusan final pada 24 Agustus 2023.

Sebelumnya, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengaku percaya diri BUMN Karya itu tak akan terkena jerat pailit.

Menurut dia, ada alasan yang mendasari prediksinya kalau Waskita tak akan pailit. Misal­nya, dengan jumlah aset yang dimiliki oleh Waskita Karya yang dinilai masih sangat bagus.

Baca juga : Gus-Gus Nusantara Gelar Doa Bersama Untuk Ganjar Pranowo Di Blitar

“Waskita itu kan asetnya ba­gus banget, masih banyak banget tol-tolnya. Kemudian proyek-proyek dia juga masih banyak, kecil kemungkinan untuk pailit,” tukasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 27/8/2023 dengan judul Pasca Diputus Pailit, Istaka Karya Lego Aset Untuk Bayar Utang...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.