Dark/Light Mode

Kerja Sama RI-China Saling Menguntungkan

Airlangga: Semoga Kemitraan Terus Membawa Kemakmuran

Jumat, 22 September 2023 07:10 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan China memiliki banyak kecocokan dan keuntungan dari hubungan dua negara. Kedua negara bakal terus mengembangkan hubungan dagang untuk membawa kemakmuran bagi masyarakat.

“Semoga kemitraan kita terus berkembang, membawa kemak­muran, stabilitas dan peluang bagi masyarakat Indonesia dan China,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambu­tan di acara Resepsi The 74th Anniversary of the Founding of the People’s Republic of China, di Jakarta, Rabu (20/9) malam.

Baca juga : Semoga Bisa Redam Inflasi

Menurut Airlangga, pentingnya kerja sama ekonomi Indonesia dengan China ditandai dengan hubungan bilateral kedua negara yang telah berlangsung erat sejak lama. China juga salah satu mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

Pada 2022, nilai investasi China di Indonesia mencapai 8,2 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dan menjadi peringkat tertinggi kedua di Indonesia.

Baca juga : Mega Menjamu OSO Dengan Mie Goreng

Total perdagangan kedua negara pada 2022 juga menca­pai angka tertinggi sepanjang sejarah dengan nilai sekitar 133 miliar dolar AS. Meningkat lebih dari 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga menekankan, pentingnya semangat membina hubungan yang kuat dan langgeng antarkedua negara. Kemitraan strategis komprehensif Indone­sia dan China yang saat ini telah berjalan sepuluh tahun memiliki arti yang sangat penting bagi kedua negara.

Baca juga : Pertamina Bantu Desa Pulau Semambu Sulap Pertanian Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Kerja sama bilateral kedua negara juga kian berkembang, seperti di bidang pembangu­nan infrastruktur, industri ra­mah lingkungan dan ekonomi digital.

“Sebagai gambaran komitmen kami terhadap ekonomi digital, dengan senang hati saya sampai­kan Menteri Perdagangan China dan saya baru-baru ini menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama di bidang ekonomi digital dan e-commerce,” ung­kap Airlangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.